55 Ribu Kendaraan Tercatat Lewati Jalur Fungsional Tol Jogja – Solo

Dymas Okta
29 Dec 2023 11:30
55 Ribu Kendaraan Tercatat Lewati Jalur Fungsional Tol Jogja – Solo

CVT Indonesia – Arus mudik pada Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mengharuskan PT Jasa MArga (Persero) mengoperasionalkan beberapa tol fungsional demi mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas.

Salah satunya adalah Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo, Segmen Kartasura – Karanganom sepanjang 13 Km. Ruas tol fungsional ini tercatat oleh Jasa Marga dilewati oleh 55.466 kendaraan selama lima hari, tepatnya 22 – 26 Desember 2023.

Ruas tol fungsional ini selama Nataru 2024 beroperasi satu arah, dari Gerbang Tol (GT) Colomadu yang terintegrasi dengan tol Trans Jawa, menuju Boyolali, Kartasura, Klaten, dan Yogyakarta.

“Volume tertinggi tecatat pada 24 Desember 2023, yaitu sejumlah 12.142 kendaraan dengan peningkatan tertinggi ke arah Jogja sebesar 862 kendaraan per jam yang terjadi pada pukul 08.00-09.00 WIB,” ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Jogja Solo (JMJ) Suchandra Hutabarat.

BACA JUGA: Catat Hal Ini Agar Tidak Kelelahan Dengan Kemacetan Libur Akhir Tahun

Suchandra menjelaskan, tidak hanya beroperasi pada arus mudik, tol fungsional Jogja-Solo juga akan beroperasi satu arah pada periode arus balik 1-3 Januari juga akan beroperasi satu arah.

Hanya saja diberlakukan arah sebaliknya atau ke arah barat, yaitu dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa).

Di luar tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting.

Dampak dari dioperasikannya Tol fungsional ini, menurut Agus Arif Nugroho. Kepala Dishub Kota Yogyakarta adalah meningkatnya kendaraan yang masuk ke Yogyakarta.

“Jadi, itu kami pantau dari exit tol fungsional di Ceper itu per jam hampir 2.400 sekian kendaraan yang menuju ke arah Yogya,” jelas Agus.

Menurutnya rata-rata kendaraan yang masuk ke Yogyakarta perjamnya besar kemungkinan lebih besar dari angka yang tertera.

“Kurang lebih ada 186 ribu kendaraan  menuju Yogya. Ini baru dipantau di exit tol, belum dari Bawen dan Boyolali, pungkasnya.

BACA SELANJUTNYA: Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Akan Terjadi, Catat Tanggalnya

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon