CVT Indonesia – Tim CVT Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mencoba Toyota Agya GR Sport untuk keliling pulau Bali bersama dengan PT Toyota Astra Motor (TAM). Bagaimana impresi berkendara dari Toyota Agya GR Sport, simak ulasan kami dibawah.
Toyota Agya GR Sport merupakan mobil yang berbasis dari LCGC Agya yang mendapatkan beberapa ubahan seperti Setting suspensi dan setir yang diklaim dapat membuat mobil lebih stabil, kemudian mendapatkan jok berbeda serta emblem-emblem GR, serta mendapatkan juga Aerokit tambahan.
Lantas bagaimana rasa berkendara dari hatchback Toyota teranyar ini? Ketika kami mencoba duduk dibalik kemudi mobil ini sayang sekali kami tidak bisa mendapatkan posisi duduk yang ergonomis karena keterbatasan opsi pengaturan. Pengaturan jok mobil ini hanya bisa maju mundur dan reclining, sementara setirnya hanya bisa diatur secara tilt.
Berbicara soal dapur pacu, Toyota Agya menggunakan mesin WA-VE 1200 cc 3 silinder dengan tenaga 88 PS dan torsi 113 Nm. Ketika kami coba berakselarasi, mobil ini dapat menuntaskan 0-60 km/h sekitar 6 detikan. Bukan tenaga yang spesial, namun ini cukup untuk sebuah city car.
BACA JUGA: Dealer Toyota GR Zone Bali Ternyata Disenangi Oleh Para Bule
Kami juga berkesempatan untuk mencoba bermanuver dengan mobil ini di trek tertutup. Ternyata settingan suspensi dan setir GR serta penggunaan ban sport bukan isapan jempol belaka.
Saat kami coba menikung di sirkuit, mobil ini dapat menahan keseimbangannya. Rasa setirnya juga terasa tajam dan on point saat dibutuhkan. Mobil ini lebih terasa fun to drive, hanya saja mengurangi kenyamanannya karena harus menggunakan suspensi yang lebih kaku dibandingkan versi LCGC nya.
Toyota Agya generasi terbaru memang memiliki dua skema, yaitu skema LCGC serta non LCGC. Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Agya GR Sport hadir untuk mengisi kekosongan di harga 200 jutaan.
“Karena ada gap antara Agya yang dibawah 200 juta dengan Yaris yg sudah sampai 300 jutaan, bahkan beberapa orang kurang cocok dengan Avanza dan Raize, maunya Hatchback, yaa kami kasih Hatchback sporty di kisaran 200 jutaan” ujar Anton saat ditemui di Bali (5/4).
Menurutnya, Hadirnya Agya GR Sport menjadi pilihan variatif untuk konsumen. Yang suka SUV bisa pilih Raize, sementara yang suka handling lebih sharp dan lincah bisa pilih Agya GR Sport.
BACA SELANJUTNYA: Banyak Tol Gratis Saat Mudik Lebaran 2023, Berikut Daftarnya