Akhirnya Daihatsu Hentikan Produksi Semua Mobilnya, Indonesia Bagaimana?

Dymas Okta
29 Dec 2023 08:10
Akhirnya Daihatsu Hentikan Produksi Semua Mobilnya, Indonesia Bagaimana?

CVT Indonesia – Isu skandal safety Daihatsu yang sedang ramai di jagat otomotif dunia sangat mempengaruhi produksi mobil yang dilakukan oleh Daihatsu Motor Co., Ltd.

Pihak Daihatsu pun telah memberhentikan kegiatan produksi seluruh pabrik mereka di Jepang sejak Selasa, 26 Desember 2023. Pemberhentian ini belum diketahui sampai kapan menyusul pemberitahuan selanjutnya.

Pemberhentian produksi ini menyusul pemberhentian distribusi mobil Daihatsu yang telah dilakukan sebelumnya.

Lantas bagaimana dengan Daihatsu di Indonesia?

Meskipun pabrikan mobil yang di Indonesia ini bernaung pada PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini ikut terseret dan sedang disorot ketat, tentu saja mereka tidak bergeming.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh ADM, Anak perusahaan Toyota Motor Corporation ini tetap akan melanjutkan produksinya.

BACA JUGA: Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Akan Terjadi, Catat Tanggalnya

“Telah ditentukan produksi domestik ADM tetap beroperasi sesuai dengan rencana untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia,” terang siarang resmi yang diterima pada Kamis, (21/12/2023).

Uniknya, ketika distribusi dan produksi untuk pasar tanah air tetap dilanjutkan. ADM justru memberhentikan ekspor. Hal ini diklaim sesuai arahan sembari menunggu konfirmasi dari pemegang kebijakan di negara tujuan ekspor.

Sri Agung Handayani selaku Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director ADM menyampaikan jika pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak prinsipal.

“Kami sudah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan,” papar Agung dikutip dari gridoto.com.

Menurutnya, kendaraan yang diproduksi ADM sudah memnuhi regulasi yang berlaku dan tetap berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia.

Jadi gimana CVTees, ini yang unik pihak regulatornya atau produsennya ya?

BACA SELANJUTNYA: Catat Hal Ini Agar Tidak Kelelahan Dengan Kemacetan Libur Akhir Tahun

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon