Akhirnya Samsat Akan Buka Hingga Hari Sabtu, Permudah Bayar Pajak

Dymas Okta
5 Oct 2023 16:49
Akhirnya Samsat Akan Buka Hingga Hari Sabtu, Permudah Bayar Pajak

CVT Indonesia – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menambah hari layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Kini Samsat melakukan pelayanan hingga hari Sabtu.

Tentunya ini berkaitan dengan upaya pelayanan pajak daerah yang lebih maksimal, khususnya untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Lusiana Herawati, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta mengatakan bahwa kebijakan ini dilatarbelakangi banyaknya warga DKI yang hanya memiliki waktu luang di akhir pekan, kini tak perlu khawatir lagi jika akan membayar PKB saat akhir pekan.

“Diharapkan dengan bertambahnya jumlah hari layanan Samsat DKI Jakarta masyarakat jadi lebih leluasa dan mudah membayar kewajiban pajak kendaraan,” tutur Lusiana melalui keterangan resmi.

BACA JUGA: Mitsubishi XForce Rengkuh Penghargaan Good Design Award 2023

Kebijakan ini hanya berlaku di kantor Samsat induk yang tersebar di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta, mulai 08.00-12.00 WIB. Tidak berlaku bagi layanan gerai dan samsat keliling.

Lusiana menambahkan masyarakat yang membayar PKB dapat memanfaatkan insentif pajak daerah. Pasalnya Pemprov DKI Jakarta tengah memberlakukan pemutihan atas denda PKB.

Program Pemutihan Pajak tersebut sudah dimulai sejak 22 Juni 2023 dan akan berlangsung hingga akhir tahun 2023.

“Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) berupa penghapusan sanksi administrasi atas bunga yang timbul akibat keterlambatan pembayaran pajak terutang, kebijakan penghapusan sanksi administrasi ini berlaku sampai dengan 29 Desember 2023,” tutup Lusiana.

BACA SELANJUTNYA: Honda Naik Harga Lagi, HRV Jadi Yang Termahal Di Segmennya

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon