Asiknya Nyetir Toyota Yaris Cross Hybrid, Jarang Ke Pom Bensin!

Dymas Okta
9 Sep 2024 18:50
Asiknya Nyetir Toyota Yaris Cross Hybrid, Jarang Ke Pom Bensin!

CVT Indonesia – Persaingan di segmen mobil Rp400 jutaan terutama lebih spesifiknya segmen compact crossover memang kelas yang paling panas saat ini di Indonesia. Baik dari mobil bensin, listrik hingga hybrid. Pilihan dikelas ini memiliki keunggulannya masing-masing.

Untuk mengambil pangsa pasar di kelas tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) memiliki Toyota Yaris Cross HEV yang memiliki keunggulan sebagai mobil hybrid dikelasnya.

Pada segmen ini, Toyota Yaris Cross memiliki pesaing terberat yakni Honda Honda HR-V serta Hyundai Creta. Sementara untuk pesaing berjenis Hybrid ada MG VS. Sementara pesaing lainnya adalah Chery Omoda 5, MG ZS, Suzuki Grand VItara, dan Kia Seltos.

EKSTERIOR

Secara desain, Toyota Yaris Cross memiliki fascia depan yang mengingatkan kami dengan Toyota Rav4. Ini adalah hal yang bagus karena desain depan dari Toyota Yaris Cross ini memiiki ciri khas tersendiri di kelasnya.

Di samping terlihat Toyota Yaris Cross menggunakan velg berukuran R18 dengan ukuran ban 215/55. Menuju ke desain belakang, Toyota Yaris Cross terlihat menawan dengan desain lampu yang tajam ditambah dengan aksesoris GR Aero Parts yang membuatnya terlihat Sporty.

INTERIOR

Masuk ke bagian dalam, Jok dan setir dari Toyota Yaris Cross telah dilapis bahan kulit serta beberapa bagian dashboard dan doortrim juga berlapis soft touch dengan panel kulit.

Ketika duduk di kursi pengemudi, interior Toyota Yaris Cross juga terasa imersif dengan bentuk dashboard yang mengarah ke driver menandakan bahwa mobil ini driver oriented.

Untuk panel instrumen, sudah full digital dengan layar TFT berukuran 7 inch yang dapat diganti-ganti desainnya sehinga membuat driver tidak bosan ketika mengendarai mobil ini.

Untuk sistem infotainment, Yaris Cross menggunakan layar berukuran 10,1 inci dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay yang dapat digunakan secara wireless. Untuk speaker terdapat 4 buah speaker ditambah 2 tweeter.

BACA JUGA: Akankah Toyota Fortuner Mendapatkan Varian Mesin Hybrid

MESIN dan KONSUMSI BBM

Ini merupakan keunggulan utama yang dimiliki Toyota Yaris Cross Hybrid, menggendong mesin berkode 2NR-VEX berkapasitas 1.496 cc Atkinson Cycle yang mampu menghasilkan tenaga 90 Hp serta torsi 121 Nm.

Kemudian mesin tersebut dikawinkan dengan motor listrik bertenaga 79 Hp dengan torsi 141 Nm. Hasil gabungan keduanya menghasilkan akselerasi mobil yang instant serta konsumsi BBM yang super irit.

Untuk konsumsi BBM Toyota Yaris Cross, kami mendapatkan angka 24,2 km/l untuk rute dalam kota. Kemudian untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km.jam kami mendapatkan konsumsi BBM yang luar biasa yakni 36,5 km/l. Lantas untuk rute campuran dan stop & go kami mendapatkan angka 30,2 km/l.

KESIMPULAN

Jika membandingkan dengan kedua pesaing terberatnya yakni Honda HR-V dan Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross Hybrid berada di tengahnya baik soal kenyamanan maupun drive quality-nya.

Namun kelebihan yang tak akan bisa ditandingi rival-rival sekelasnya adalah konsumsi BBM dari Toyota Yaris Cross yang luar biasa. Angka-angka tersebut tidak akan bisa dikejar oleh pesaingnya kecuali dengan mesin hybrid.

Toyota membuktikan bahwa mereka adalah rajanya hybrid, tentunya dengan heritage yang dibawa dari Toyota Prius yang sudah ada sejak 30 tahunan lalu, Toyota Yaris Cross merupakan salah satu produk turunan hybrid terbaik dari Toyota.

BACA SELANJUTNYA: Paus Fransiskus Tinggalkan RI Hari Ini, Segini Harga Mobil Yang Dipakai Paus

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon