Bawa Suzuki Jimny Ke Habitat Aslinya, Ternyata Begini

Dymas Okta
7 Mar 2024 13:30
Bawa Suzuki Jimny Ke Habitat Aslinya, Ternyata Begini

CVT Indonesia – Suzuki Jimny 5 Doors sejak peluncurannya pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 selalu menjadi buah bibir baik di media sosial maupun skena otomotif Indonesia.

Lantas kami penasaran dan mencoba langsung apa spesialnya mobil viral ini. Kami jajal mobil 4wd termurah di Indonesia ini di medan offroad Desa Pelangi, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Ada beberapa rintangan offroad yang harus kami lalui di sirkuit offroad sekitar 1,4km. Lantas tim cvtindonesia.co.id tidak sanggup menahan asa untuk menyiksa Jimny 5 pintu.

Hampir tidak ada perbedaan antara Jimny 3 pintu dan 5 pintu, kecuali dari dimensinya. Jimny 5 pintu memiliki panjang 3.965 mm, lebih panjang 345 mm dari Jimny 3 pintu. Maka dari itu, kapasitas bagasi Jimny 5 Doors juga turut meningkat menjadi 211 liter.

Suzuki Jimny 5 Pintu dibekali dengan sistem 4WD AllGrip Pro yang membuat kapabilitas Jimny pada medan offroad sangat mumpuni.

Sistem ini membuat mobil dapat mengubah-ubah drivertrain sesuai dengan kebutuhan melalui tuas transfercase yang ada di dekat tuas transmisi.

BACA JUGA: Innova Zenix Hybrid Catat 411 SPK Dari Total 2.540 SPK Toyota Di IIMS 2024

Terdapat opsi 2H jika hanya membutuhkan tenaga dan traksi dari roda belakang. Kemudian 4H yang mengaktifkan sistem 4WD dengan RPM tinggi, biasanya ini diperlukan pada medan offroad ringan dan aspal yang licin.

Kemudian yang terakhir adalah 4L yang dibutuhkan ketika mobil akan menjelajah medan offroad yang berat dan mobil membutuhkan traksi maksimal.

Pada rintangan yang cukup ringan, yaitu aspal, bebatuan, dan tanah kering, mobil cukup memindahkan transfercase dari 2H ke 4H yang dapat dilakukan sambil mobil berjalan.

Di medan offroad yang ringan ini, mobil memanfaatkan fitur Hill Start Assist (HSA) ketika mobil harus berhenti di tanjakan, kemudian kembali berjalan. Kemudian ketika jalan menurun curam, kami memanfaatkan fitur Hill Hold Control (HHC).

Bahkan untuk merasakan fitur HHC, instruktur tidak memperbolehkan kami menggunakan rem, agar dapat merasakan efek dari HHC.

Kemudian ketika memasuki medan offroad yang lebih berat yaitu jalan bebatuan dan tanah yang basah, mobil harus menggunakan 4L yang mengubahnya kita harus berhenti dan memindahkan posisi gear ke Netral.

Ketika kami melibas medan offroad yang berat, mobil tidak mengalami kendala apapun termasuk pada traksi. Hal ini terjadi karena Suzuki Jimny juga dibekali oleh Limited Slip Differential yang dapat mengatur putaran ban sesuai dengan kebutuhan traksi.

Kemudian Suzuki Jimny 3 Doors juga didesain untuk mendapatkan kenyamanan lebih. Terbukti saat kami menjajal offroad, Suzuki Jimny 5 Doors memiliki bantingan yang sangat empuk, bahkan jauh lebih empuk dari Jimny 3 Doors.

BACA SELANJUTNYA: Ini Dia Top 3 Finalis World Car Award Di Setiap Kategori

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon