Belum Produksi Ban Mobil Listrik, GT Radial Mengaku Sedang Menyiapkannya

Dymas Okta
10 Mar 2023 10:30
Belum Produksi Ban Mobil Listrik, GT Radial Mengaku Sedang Menyiapkannya

CVT Indonesia – PT Gajah Tunggal Tbk. Produsen dari GT Radial hingga saat ini belum terdengar dengan ban khusus mobil listrik. Produsen ban asal tanah air ini mengaku sedang mempersiapkan dengan terus melakukan studi terhadap ban khusus mobil listrik.

Eko Supriyatin, Product Marketing Manager GT Radial mengatakan bahwa pihaknya tidak tinggal diam dengan trend yang terjadi. GT Radial menurutnya sedang mempersiapkan ke arah produksi ban mobil listrik. Menurutnya ban mobil listrik berbeda dari ban mobil konvensional.

“Ban mobil listrik tentu berbeda dan harus berbeda, karena mobil listrik punya berat rata-rata yang lebih dari mobil bensin, kemudian posisi baterai dibawah juga harus ditopang oleh ban, kemudian juga ban mobil listrik harus siap menahan torsi mobil listrik yang instan” ujar Eko dalam acara perkenalan GT Radial Savero A/T Pro di Karawang (08/03).

BACA JUGA: Gajah Tunggal Perkenalkan Ban SUV Terbaru, GT Radial Savero A/T Pro

Lebih lanjut, Eko menjelaskan bahwa ban mobil listrik harus memiliki konstruksi khusus yang minim noise. Hal ini disebabkan karena mobil listrik tidak memiliki suara, sehingga jika ban memiliki tingkat noise yang buruk, akan sangat terasa mengganggu di mobil listrik.

“Mobil listrik kan gak ada suaranya, jadi ban juga harus lebih senyap road noise-nya, saat ini kami sudah ada prototype-nya, tentunya kami akan memasok untuk APM karena kita terus berjalan ke arah sana” tambah Eko.

Eko turut menegaskan bahwa Gajah Tunggal sebagai produsen ban terkemuka telah memiliki teknologi yang mengarah ke ban kendaraan listrik. 

Sebagai informasi tambahan, mobil listrik yang sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia antara lain Wuling Air EV, Hyundai Ioniq 5, Kona EV, DFSK Glory E, Toyota BZ4X, dan beberapa model dari Tesla.

BACA SELANJUTNYA: Gak Tanggung-Tanggung Hyundai Sediakan Charger Mobil 240 kW, 18 Menit Terisi Penuh

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon