CVT Indonesia – Februari 2024 akan menjadi bulan yang spesial bagi Mazda Indonesia. Pasalnya bulan ini merupakan tahun ke-7 Mazda Indonesia sejak pindah naungan ke PT Eurokars Motor Indonesia (EMI).
“Dalam budaya Jepang angka 7 dimaknai sebagai simbol keberuntungan. Usia yang baru ini tentu mendorong kami untuk semakin optimis menjadi brand otomotif pilihan terdepan masyarakat Indonesia” Kata Ricky Thio Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI)
Hal ini dipermanis dengan raihan angka penjualan Mazda yang mencatatkan kenaikan signifikan di 2023.
Melalui siaran resminya, Mazda menginformasikan bahwa mereka berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 5.320 unit mobil sepanjang 2023.
Jika dibandingkan dengan penjualan Mazda sepanjang 2022, angka ini mengalami peningkatan sebesar 36,8%, dimana pada 2022 Mazda menjual hanya 3.888 unit mobil.
Ricky menyebut ada faktor antusiasme dan dukungan dari penggemar Mazda yang menjadi pendorong meningkatnya penjualan Mazda di 2023.
BACA JUGA: Suzuki Ungkap Alasan Belum Mau Latah Soal Mobil Listrik
“serta kinerja terbaik dari para jajaran dealer principal. Layanan purna-jual Mazda yang terus melakukan performance improvement, disempurnakan dengan program MYMAZDA Service.” papar Ricky.
Sebagai informasi, MYMAZDA Service merupakan program Free biaya jasa service dan suku cadang untuk mobil baru Mazda selama 3 tahun atau 60.000 km.
Sejak dinaungi oleh Eurokars, Mazda memang mengalami pasang surut dalam penjualan mobilnya. Meskipun begitu, sejak Februari 2017 hingga Desember 2023 Mazda sudah membukukan penjualan retail sebanyak 30.012 unit.
Rincian dari penjualan tersebut sebagai berikut:
- 2017: 3.861 unit
- 2018: 5.957 unit
- 2019: 4.934 unit
- 2020: 2.660 unit
- 2021: 3.392 unit
- 2022: 3.888 unit
- 2023: 5.320 unit
Pramita Sari, Marketing & Communications GM PT EMi mengungkapkan bahwa hingga saat ini, Mazda CX-5 dan CX-3 masih menjadi primadona untuk konsumen Mazda, dengan warna favorit Soul Red dan Machine Grey.
“Pengecatan warna tersebut menggunakan teknologi khusus Takumi Nuri, dengan keunggulan mampu memberikan kesan yang kuat, penuh energi, dengan penampilan yang eksklusif dan mengesankan.” jelas Mita.
BACA SELANJUTNYA: Pajak Naik Lagi! Kali ini Pajak Progresif Naik 1%