Bukan Avanza! Toyota Rumion Kembaran Ertiga Akhirnya Resmi Dijual

Dymas Okta
12 Sep 2023 15:53
Bukan Avanza! Toyota Rumion Kembaran Ertiga Akhirnya Resmi Dijual

CVT Indonesia – Strategi brand mobil memang tidak bisa kita tebak. Toyota Avanza dan Veloz yang menjadi rajanya penjualan mobil di Indonesia ternyata bukan pilihan Toyota untuk menjualnya di India.

Toyota justru memilih untuk melakukan rebadge Suzuki Ertiga menjadi Toyota Rumion untuk segmen Low MPV di India.

Dikutip dari situs resmi Toyota Bharat, Toyota Rumion memiliki enam varian dimulai dari tipe S MT Neo Drive dengan harga INR 1.029.000 hingga tipe V AT Neo Drive dengan harga INR 1.368.000. Kalau dirupiahkan sekitar Rp190,5 juta hingga Rp253,2 juta.

Toyota Rumion terlihat sangat identik dengan Suzuki Ertiga, pasalnya hanya emblem-emblem saja yang diganti menjadi logo Toyota. Perubahan terbesar hanya terdapat dibagian grill yang menggunakan desain mirip dengan Kijang Innova Reborn.

Lantas masuk ke bagian interior hanya logo Suzuki yang berubah menjadi logo Toyota.

BACA JUGA: Pemerintah Kejar TKDN 80 Persen Kendaraan Listrik Pada 2030

Toyota Rumion menggendong mesin K15 1.500 cc yang bukan dilengkapi dengan SHVS namun dengan teknologi Neo Drive (ISG) dan teknologi E-CNG. Pilihan transmisi terdapat manual dan otomatis.

Perpaduan tersebut menghasilkan efisiensi bahan bakar luar biasa yaitu di angka 20,51 km/l untuk varian bensin dan 26,11 km/kg untuk varian CNG. 

Toyota Rumion dibekali dengan konektivitas yang cukup mumuni yaitu Smartplay Cast Touchscreen 17,78 Cm dengan Android Auto dan Apple Carplay. Rumion juga sudah dilengkapi dengan Toyota i-Connect yang merupakan remot jarak jauh melalui ponsel.

Untuk fitur keselamatan, Toyota Rumion kembaran Suzuki Ertiga ini sudah dilengkapi fitur standar seperti ABS dengan EBD, Immobilizer, Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Assist, dan banyak lainnya.

BACA SELANJUTNYA: Toyota Gazoo Racing Dominan Pada Kejurnas Sprint 2023 Seri ke-4

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon