Catat Hal Ini Agar Tidak Kelelahan Dengan Kemacetan Libur Akhir Tahun

Dymas Okta
28 Dec 2023 06:18
Catat Hal Ini Agar Tidak Kelelahan Dengan Kemacetan Libur Akhir Tahun

CVT Indonesia – Libur akhir tahun merupaka momentum yang seringkali dimanfaatkan oleh keluarga di Indonesia. Pasalnya, selain libur dan cuti bersama Natal dan Tahun Baru, Akhir tahun juga berbarengan dengan liburan sekolah.

Namun momentum libur yang bersamaan ini mengakibatkan terjadinya macet panjang di beberapa wilayah, terutama tempat tujuan wisata atau jalur menuju tempat wisata.

Mengutip dari gridoto.com, menurut Sony Susmana, Training Director dari Safety Driving Consulting Indonesia (SDCI) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar masyarakat tidak abai dengan keselamatan.

Menurut Sony, pengemudi lebih baik menepi dan beristirahat ketika macet sedang terjadi, sembari menunggu kemacetan terurai dan jalanan lebih lengang.

Sebab, berada di kemacetan panjang selain melelahkan secara fisik dan psiklogis, hal tersebut juga merugikan dari beberapa aspek.

“Pertama buang-buang bensin. Kedua, duduk terlalu lama membuat aliran darah tidak lancar, selain itu membuat pikiran jadi stres,” Tegas Sony.

BACA JUGA: 624 SPKLU Stand By Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Ia menyarankan apabila keadaan tidak memungkinkan untuk mencari tempat istirahat, pengemudi harus bisa mencari aktivitas yang menghibur.

Hal ini mesti dilakukan agar pengemudi terhindar dari stress dan frustasi yang bisa membahayakan perjalanan sendiri maupun kendaraan lain.

Hal senada disampaikan oleh Andry Berlianto selaku praktisi Defensive Riding dan Defensive Driving Indonesia. Kalau sudah terjebak macet, pastikan pengemudi memiliki hiburan baik itu teman ngobrol, musik, ataupun cemilan.

“Lalu cek juga lewat aplikasi, sepanjang apa macetnya. Kalau memang panjang, lebih baik menepi untuk istirahat,” tambah Andry.

Nahh untuk CVTess yang sedang berlibur atau memiliki rencana liburan akhir tahun bisa mengikuti saran diatas ataupun mengkuti saran yang paling ultimate, yaitu gak perlu liburan, dirumah saja. Jadi tidak terjebak macet.

BACA SELANJUTNYA: Padat! 282 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Pada Libur Natal 2023

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon