Civic Type R Kembali Rebut Tahta Mobil FWD Tercepat di Sirkuit Nurburgring

Dymas Okta
23 Apr 2023 11:29
Civic Type R Kembali Rebut Tahta Mobil FWD Tercepat di Sirkuit Nurburgring

CVT Indonesia – Honda kembali berbangga dengan Civic Type R generasi terbaru. Pasalnya, Honda Civic Type R FL5 kini menjadi mobil Front-Wheeled Drive (FWD) produksi massal tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman dengan catatan waktu 7:44:881

Ini bukan pertama kalinya untuk Civic Type R mencatatkan rekor impresif pada kategori ini. Civic Type R FK8 sebelumnya juga menjadi yang tercepat di Nurburgring pada 2017 silam, sebelum akhirnya rekor tersebut dipecahkan oleh Renault Megane RS Trophy R pada 2019 dengan catatan waktu 7:45:39 dalam jarak sirkuit 20.8 km.

Namun rekor Megane RS Trophy R di sirkuit berjuluk ‘the green hell’ ini kembali dipecahkan oleh Civic Type R FL5. Jarak sekitar 4 tahun semenjak rekor tersebut tercatat.

Rekor ini diciptakan menggunakan Civic Type R spek Eropa, yang sedikit lebih bertenaga daripada versi Amerika Utara dan juga Indonesia. Menggunakan mesin K20C1 empat silinder Turbo yang menyemburkan tenaga 325 Hp. Sementara itu versi Indonesia memiliki tenaga 315 Hp. Namun kedua versi ini memiliki torsi yang sama di 420 Nm.

BACA JUGA: Jamin Pelayanan Mudik Lebaran 2023, Honda Hadirkan Posko Serta Dealer Siaga

Rekor ini tercipta tentunya dengan sedikit ubahan pada mobil. Unit yang digunakan merupakan Honda Civic Type R S-grade dengan dihilangkannya beberapa fitur kenyamanan seperti AC dan sistem GPS, untuk mengurangi berat mobil.

Catatan rekor ini diraih dengan menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2. Ban ini merupakan program kerjasama antara Honda dan Michellin, dimana kedua perusahaan ini mengembangkannya bersama.

Pilot Sport Cup 2 ini dijelaskan sebagai ban premium untuk track day. Sementara itu sebagai standar, Honda Civic Type R FL5 menggunakan ban Michellin Pilot Sport 4 S.

BACA SELANJUTNYA: Lexus LM, Kembaran Alphard Yang Menggunakan ‘Steroid’

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon