CVTrip Lebaran 2024: Sikat Macet Puncak Dengan Toyota Raize

Dymas Okta
20 Apr 2024 19:18
CVTrip Lebaran 2024: Sikat Macet Puncak Dengan Toyota Raize

CVT Indonesia – Pada CVTrip lebaran 2024, Gopas Tobing, Managing Editor CVT Indonesia memilih Toyota Raize untuk menjelajah jalur langganan macet, yaitu Puncak Bogor.

Toyota Raize memiliki mesin dan desain yang kompak. Hal ini yang mendasarkan Gopas memilih Micro SUV ini untuk berlibur selama perode lebaran.

“Mobil ini cocok untuk melintasi Jakarta yang kosong. Apalagi untuk ke puncak yang pasti macet, Raize punya dimensi yang kompak dan mesin yang irit.” ujar Pria dengan tinggi 182cm ini.

Sebagai informasi, Toyota Raize memiliki dimensi P 4.030 mm, L 1.710 mm, T 1.635 mm. Dengan wheelbase 2.525 mm.

Untuk dapur pacunya, Toyota Raize mengandalkan mesin 998cc Turbo dengan tenaga 98 PS dengan torsi 140 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Gopas menempuh jarak sejauh 597,6 Km bersama Toyota Raize. Dengan rataan konsumsi BBM 14,5 Km/l. Perlu dicatat, kemacetan di jalur puncak cukup membuat konsumsi BBM mobil ini menurun drastis.

“Tenaga dan torsi mobil ini luar biasa untuk mobil ukurannya. Serta posisi mengemudi yang ergonomis meskipun tidak dilengkapi dengan telescopic steering.” tambah Gopas.

BACA JUGA: CVTrip Lebaran 2024, Jelajah Malang Hingga Bromo Dengan Hyundai Stargazer

Gopas juga mengacungkan jempol kepada Raize karena menggunakan instrumen cluster digital dengan desain yang bisa diganti-ganti, sehingga driver tidak bosan saat mengemudikan Toyota Raize.

Kemudian kelegaan kabin juga menjadi poin penting untuk Toyota Raize. Meskipun memiliki desain yang sangat kompak, Toyota Raize masih bisa dengan nyaman diisi 5 orang dengan kapasitas bagasi yang cukup mumpuni.

Kemudian berbicara soal kekurangan, bantingan suspensi Raize bukan yang terbaik dikelasnya karena terlalu mengayun sehingga menyebabkan limbung yang cukup terasa. Selain itu saat diisi penuh, mobil ini juga menjadi kurang nyaman.

Absennya fitur konektivitas Android Auto dan Apple Carplay juga menjadi kekurangan yang krusial untuk Toyota Raize. Pasalnya, kembaran Raize yaitu Daihatsu Rocky malah sudah memiliki fitur tersebut.

Gopas juga memberikan catatan bahwa Toyota Raize yang digunakan sudah mengalami peningkatan yang jauh soal build quality. Dimana kami pernah mengetes Toyota Raize saat baru diluncurkan dengan build quality yang bisa dikatakan kurang.

Selanjutnya, peredaman kabin juga dinilai kurang. Karena saat berada di jalan tol. Suara angin dan suara ban masih cukup terasa terutama di kecepatan tinggi.

Overall Data

Mobil: Toyota Raize GR Sport non TSS

Tujuan: Pucak, Bogor

Harga: Rp283,4 Juta

BACA SELANJUTNYA: Hyundai Ioniq 5 N DIgeber Di Barcelona, Begini Hasilnya

Cari Mobil Berdasarkan Merk

Audi
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
Jaguar
Jeep
KIA
Land Rover
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon