CVTrip Lebaran 2024: Volvo XC 40 Recharge Melenggang Di Kosongnya Jakarta

Dymas Okta
23 Apr 2024 15:15
CVTrip Lebaran 2024: Volvo XC 40 Recharge Melenggang Di Kosongnya Jakarta

CVT Indonesia – Volvo XC 40 Recharge menjadi satu-satunya mobil listrik pada CVTrip Lebaran 2024. Mobil asal Swedia ini menjadi pilihan Reiner Karnadi, Head of Videographer CVT Indonesia.

Reiner memilih mobil listrik karena memanfaatkan kosongnya Jakarta saat libur lebaran untuk keliling kota. Menurutnya mobil listrik lebih cocok untuk momen ini.

Volvo XC 40 Recharge merupakan sebuah SUV listrik kompak dengan dimensi P 4.440 mm, L 1.873 mm, T 1.651 mm. Mobil ini menggendong baterai 78 kWh dengan teknologi twin recharge atau dual motor AWD.

Perpaduan tersebut menghasilkan tenaga 408 Hp serta torsi 660 Nm. Akselerasi 0-100 km/h mampu dituntaskan dalam 4,8 detik. Menurut klaim pabrikan, mobil ini memiliki jarak tempuh 500 km.

“Tenaganya luar biasa, performanya ngegigit, akselarasinya ngejambak. Karena dia AWD juga , jadinya saat akselarasi gak ada wheelspin, langsung ngacir.” Ujar pria yang sering kerokan itu.

Selanjutnya menurut Reiner yang menjadi kelebihan mobil ini adalah sistem Auto Regenerative braking sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi serta kemudahan dalam mengendarai XC 40.

Sistem Regenerative Braking Volvo XC 40 dapat menentukan kapan mobil perlu melakukan coasting atau regenerative braking sesuai dengan kebutuhan mobil.

“Kalo di tol dan lancar, dia pasti ke mode coasting jadi mobil gelinding. Nanti kalau nemu mobil di depan atau macet dia otomatis ke mode one pedal driving.” jelas Reiner.

Selama libur lebaran 2024, Reiner menempuh Jarak sejauh 992 Km. Dengan total biaya pengecasan Rp270 ribu.

BACA JUGA: CVTrip Lebaran 2024: Sikat Macet Puncak Dengan Toyota Raize

Kemudian Volvo XC 40 Recharge juga tidak kehilangan ciri khas mobil eropa, dimana memiliki kekedapan kabin yang sangat bagus dan dapat meredam dengan sangat baik suara dari luar.

Selain itu untuk sisi infotainment sudah dilengkapi dengan premium speaker dari harman kardon 600 W yang ditambah dengan air ventilated subwoofer. Efeknya membuat suara bass di mobil ini lebih ‘nendang’. Bagi basshead, mobil ini memiliki audio yang sangat mumpuni.

Selanjutnya, mobil ini dilengkapi dengan infotainment Android Based. Hal ini memberikan experience yang seamless, bahkan tidak memerlukan Apple Carplay dan Android Auto, meskipun sudah dilengkapi dengan kedua fitur tersebut.

Headunit mobil ini memiliki built-in google assistant, google maps, dan aplikasi google lainnya. Ini juga masih bisa ditambah karena terdapat Play Store di dalam headunit XC 40. Kita hanya perlu memastikan terdapat koneksi internet.

Sementara untuk kekurangan mobil ini justru terdapat di sisi kenyamanan, dimana mobil ini memiliki suspensi yang keras. Kemungkinan untuk mengkompensasi beban baterai yang sangat berat.

Kemudian untuk jok belakang juga dinilai kurang nyaman karena terasa sangat tegak dan tidak bisa direclining. Membuat penumpang belakang harus pasrah dengan keadaan.

Lantas kekurangan terakhir terdapat sistem on/off dari mobil ini. Reiner menyebut, Start/Stop engine button tradisional lebih dapat diterima dibandingkan sistem tanpa tombol seperti Volvo XC 40 ini.

Pasalnya, ketika driver keluar mobil dan ingin mesin tetap menyala itu tidak bisa dilakukan. Karena ketika driver keluar mobil, mobil langsung mati secara otomatis.

Overall Data

Mobil: Volvo XC 40 Recharge

Tujuan: Jakarta dan Sekitarnya

Harga: Rp1,31 Miliar

BACA SELANJUTNYA: CVTrip Lebaran 2024: Jelajah Malang Hingga Bromo Dengan Hyundai Stargazer

Cari Mobil Berdasarkan Merk

Audi
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
Jaguar
Jeep
KIA
Land Rover
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon