CVT Indonesia – Hampir semua manufaktur mobil berbondong-bondong memperkenalkan mobil yang dikatakan mendukung keberlanjutan, baik itu mobil listrik ataupun hybrid.
Namun dibelakang semua itu, Daihatsu sepertinya masih adem ayem saja menanggapi tren ini. Tidak seperti parent company-nya yaitu Toyota yang sudah banyak memperkaenalkan model Hybridnya.
Meskipun begitu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyadari penjualan mobil elektrifikasi terutama hybrid semakin meningkat di Indonesia.
“Market xEV (Kendaraan Elektrifikasi) sampai Februari memang meningkat. Setahun kemarin (2023) kontribusi 6,5 persen, sekarang xEV bisa 9 persen dari Januari dan Februari.” kata Sri Agung Handayani Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.
Namun menurutnya, presentase mobil full baterai hanya 2 persen, menandakan hybrid menjadi mobil yang dikagumi secara segmen.
Agung menyadari bahwa pelanggan Daihatsu masih akan sulit menerima Hybrid, pasalnya konsumen Daihatsu mayoritasnya adalah first car buyer.
BACA JUGA: Honda HR-V Dapat Improvement Di Jepang, Apa Saja?
“Pembeli pertama akan menarget pada mobil yang harganya terjangkau. Sedangkan mobil hybrid harganya masih di atas Rp 400 jutaan,” tambahnya.
Bahkan menurutnya Daihatsu juga sudah melakukan studi dan mendapatkan beberapa alasan mengapa pembeli mobil pertama belum akan memilih mobil hybrid ataupun full elektrik.
“Kekhawatiran terhadap suatu masalah resale value. Karena mereka menyatakan kendaraan itu adalah asset. Kemudian ada ketakutan tentang pemahaman dan reliabilitas Hal ini merupakan sesuatu yang wajar sebagai pembeli mobil pertama,” papar Agung.
Kemudian juga Agung menyebut bahwa banyak yang mengalami ketidakpahaman mengenai konsumsi listrik. Karena masih banyak yang takut tagihan listriknya bengkak.
“Masih banyak pertanyaan seputar pengisian daya. Kalau pakai itu, electric consumption di rumah dia kalau ngecas, kalau pakai Hybrid akan seperti apa,” tutup Agung.
Padahal Daihatsu sendiri pernah memboyong Daihatsu Rocky Hybrid pada ajang GIIAS 2022. Sentara pada GIIAS 2023, Daihatsu memboyong Blind Van full elektrik konsep, yaitu Daihatsu Vizion F.
BACA SELANJUTNYA: Gunakan Sistem Sewa Baterai, Vinfast: Buang Masalah Kesehatan Baterai