CVT Indonesia – Selera konsumen mobil di Indonesia tidak pernah bisa dilepaskan dari dunia Motorsport. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Toyota menghadirkan sub brand Gazoo Racing (GR) dan Gazoo Racing Sport (GRS). Perbedaan dari keduanya, dimana produk toyota dengan emblem GR memiliki DNA motorsport dan merupakan mobil berperforma tinggi. Sementara untuk GRS merupakan modifikasi yang lebih sporty untuk mobil Toyota.
Tidak terkecuali di Bali, karena ternyata para turis asing di Bali sangat menyukai mobil-mobil dengan varian GR Sport, terutama yang memiliki warna terang seperti merah dan kuning.
Untuk menjawab hal tersebut, Toyota menghadirkan dealer GR Zone yang khusus menjual produk-produk GR, mulai dari Mobil, Aksesoris, hingga official merchandise dari GR dan GR Sport.
Branch Manager Agung Toyota Bali, Andre Gramico Hamonangan mengatakan bahwa terdapat tiga perbedaan utama antara dealer GR Zone dan Showroom umum.
Pertama, Dealer GR Zone pasti menampilkan produk GR, baik itu produk Toyota GR seperti GR 86 maupun mobil toyota dengan varian GRS. Kedua, GR Zone pasti menjual merchandise official GR. Lantas yang ketiga adalah dealer jenis ini pasti memajang original accesories dari GRS yang dapat dibeli oleh konsumen untuk dipasangkan di mobilnya.
“Konsep GR Zone secara overall sangat mendongkrak penjualan Toyota, bahkan pertama kali dealer GR Zone ini dibuka, orang yang paling antusias adalah Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bali, Aji Khrisna.” ujar andre saat ditemui tim CVT Indonesia (5/4).
BACA JUGA: Banyak Tol Gratis Saat Mudik Lebaran 2023, Berikut Daftarnya
Menurutnya GRS sangat memegang peranan penting dalam komposisi penjualan. Dirinya mengklaim bahwa proporsi penjualan GR dan GRS mencapai 65% dari total keseluruhan.
“Misalnya Agya, sudah terbukti secara ukuran pas di Bali, kualitas bagus, dan BBM irit. Tapi 2020 kami hanya menjual 300an unit. Saat hadir varian GR Sport di 2021, kami dapat menjual 1130 unit.” tutur Andre.
Perlu diketahui, dealer Toyota GR Zone saat ini ada sebanyak 19 dealer di seluruh Indonesia.
Dimas Aska, Head of Interactive Communication Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa produk-produk GR dan GR Sport sangat diterima baik oleh masyarakat, maka dari itu kedepannya TAM akan menambah produk-produk GR dan GRS.
“Setiap input dari dealer kita akan dengar dan buatkan program untuk menambah tempat seperti GR Zone kedepannya. Jadi ke depannya akan lebih banyak lagi dealer-dealer GR Zone.” ujar Dimas.
Menurutnya juga, Toyota sudah menyiapkan satu kejutan lagi yang akan sangat-sangat berbeda di tahun ini.
BACA SELANJUTNYA: Wuling Siaga Mudik 2023, Buat Pengguna Wuling Merasa Aman Saat Mudik