Eksistensi 20 Tahun Pabrik Honda Indonesia, Terus Dukung Pasar Domestik dan Ekspor

Dymas Okta
1 Mar 2023 19:57
Eksistensi 20 Tahun Pabrik Honda Indonesia, Terus Dukung Pasar Domestik dan Ekspor

CVT Indonesia – PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan industri di Indonesia, baik untuk pasar domestik maupun pasar ekspor. Hal ini selaras dengan digelarnya seremoni peringatan 20 tahun beroperasinya pabrik Honda Indonesia di Karawang.

Pabrik HPM di Karawang pertama kali melakukan produksi pada bulan Februari 2003 silam. Pabrik pertama HPM memiliki luas bangunan 80.324 m2 dengan kapasitas produksi 80.000 unit per tahun.

Pabrik Honda (2)

9 Tahun kemudian di 2012, HPM melakukan ekspansi dengan membangun pabrik kedua dengan luas 145.760 m2 yang memiliki kapasitas produksi 120.000 unit per tahun. Secara total, HPM memiliki kapasitas produksi 200.000 unit pertahun semenjak berdirinya pabrik kedua ini.

Kotaro Shimizu, President Director HPM mengatakan bahwa visi HPM sendiri adalah untuk menjadi perusahaan yang diinginkan masyarakat Indonesia dengan memaksimalkan kepuasan pelanggan.

“Kami sangat senang dan bangga atas kesempatan untuk membawa lebih banyak kegembiraan bagi pelanggan di luar Indonesia. Kami berharap, pabrik kami dan ekspor produk terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia.” Ujar Shimizu dalam keterangan resminya.

Hal senada disampaikan oleh Hiroshi Tokutake, Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd. Menurutnya pasar Indonesia sangat penting untuk bisnis Honda secara regional maupun global. Pasalnya, HPM merupakan pasar terbesar untuk kawasan Asia dan Oceania.

Operasional pabrik HPM di Karawang, Indonesia, merupakan wujud konsistensi Honda untuk memproduksi berbagai model dengan kualitas standar internasional untuk pasar domestik dan ekspor.” jelas Tokutake.

Hingga saat ini, pabrik PT HPM di Karawang telah memproduksi lebih dari 1,7 juta unit dimana memproduksi model-model favorit yaitu Honda Brio, All New Honda BR-V, All New Honda HR-V, Honda CR-V, Honda Mobilio dan produk terbaru Honda yaitu Honda WR-V.

Selain memproduksi mobil, pabrik PT HPM juga telah mengekspor berbagai komponen mobil seperti Engine parts : Cylinder Head, Cylinder Block dan Body Parts : Hood Comp, Panel RR Inside, Panel FR/RR Door, Skin Hood, Frame Hood.

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon