Fiat Hidupkan Kembali Nama Topolino Sebagai Mobil Listrik Berbasis Citroen Ami

Ifan Ramadhana
4 Jun 2023 07:27
Fiat Hidupkan Kembali Nama Topolino Sebagai Mobil Listrik Berbasis Citroen Ami

CVT Indonesia – Salah satu model legendaris Fiat yaitu Topolino kini resmi dihidupkan kembali sebagai mobil listrik. Menariknya model ini menggunakan basis Citroen Ami yang sempat memukau publik Indonesia. Akankah nama Topolino kembali ke Indonesia seperti Ami yang santer dikabarkan akan dijual di Indonesia?

Nama Topolino yang berarti tikus kecil dalam bahasa Italia ini awalnya digunakan Fiat untuk model 500 yang diproduksi pada tahun 1936 hingga 1955. Tercatat model ini juga populer di Indonesia dari zaman penjajahan Belanda maupun setelah masa perang kemerdekaan. Selain itu model ini juga tampil di film animasi Cars 2 sebagai paman dari tokoh Luigi. 

Fiat mengambil basis Citroen Ami namun memberikan eksterior gaya retro. Sebut saja tampilan depan mobil yang kini menggunakan lampu model bulat serta garis silver yang menggambarkan bumper layaknya Fiat Nuova 500 yang diluncurkan pada tahun 1957. Desain khas Nuova 500 terlihat pada absennya atap dengan ragtop sebagai pengganti dan juga dop berwarna krom. 

Menariknya sebagai pengganti pintu terdapat tali pembatas yang terinspirasi dari Fiat 500 Jolly. Spionnya pun menggunakan desain bulat dan hanya tersedia dalam satu sisi. Masuk ke dalam terdapat dashboard dengan desain warna beige dan juga padding jok dengan warna yang serupa. 

Sayangnya Fiat belum membeberkan spesifikasi teknis Topolino baru. Sebagai perbandingan, Ami yang menjadi basis Topolino ini dilengkapi dengan satu motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 8 hp yang dipadukan dengan baterai lithium-ion berukuran 5,5 kWh yang memiliki jarak tempuh hingga 70 km dan top speed yang dibatasi pada 45 km/jam. 

Mobil listrik kedua Fiat setelah 500e ini disebut menyasar anak muda di perkotaan. Sayangnya Fiat belum menyebut berapa harga mobil ini dan kapan mobil ini diluncurkan. Sekedar catatan, saudara Topolino yaitu Ami memiliki versi yang bisa dikemudikan oleh orang berusia 14 tahun tanpa SIM. 

Sebagai perbandingan Ami sendiri dibanderol mulai dari 7.790 Euro atau setara dengan Rp 120 juta di Eropa. Sekedar catatan kembaran Topolino yaitu Ami ditampilkan oleh Citroen Indonesia sejak akhir tahun 2022 lalu dan disebut pihak Citroen Indonesia tertarik untuk memasarkan model ini di Indonesia.

Cari Mobil Berdasarkan Merk

Audi
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
Jaguar
Jeep
KIA
Land Rover
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon