GIIAS 2023 Resmi Diluncurkan, Diikuti 30 Merek Mobil, Banyak Merek Baru dari Tiongkok

Ifan Ramadhana
25 May 2023 08:29
GIIAS 2023 Resmi Diluncurkan, Diikuti 30 Merek Mobil, Banyak Merek Baru dari Tiongkok

CVT Indonesia – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi diluncurkan pada hari Rabu (24/5). Tercatat ini akan menjadi penyelenggaraan pameran Gaikindo yang ke-30. Angka ini juga menjadi total merek mobil yang ikut serta di GIIAS 2023, menariknya banyak merek baru dari Tiongkok. 

“Penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo telah berjalan selama 30 kali pada tahun ini, selama itu juga, Gaikindo telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif Indonesia, karya-karya anak bangsa kepada masyarakat Indonesia. Kedepannya Gaikindo akan terus menampilkan masa depan industri otomotif lewat penyelenggaraan GIIAS,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo. 

Tercatat akan ada 30 merek mobil yang meramaikan GIIAS 2023. Merek mobil itu adalah Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. Merek baru yang ikut serta untuk pertama kali adalah Citroen, Haval, Neta, Ora dan Tank. Sementara Mercedes-Benz kembali ikut setelah terakhir tampil pada tahun 2019.

Selain itu GIIAS 2023 juga didukung oleh APM kendaraan komersial seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Para bismania juga bisa bernafas lega karena tiga karoseri juga mengkonfirmasi kehadirannya di GIIAS 2023 yaitu Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Selain itu ada 14 merek sepeda motor dan lebih dari 100 merek industri pendukung, kabarnya pun angka ini masih bisa bertambah. 

“Antusiasme peserta sangat luar biasa, GIIAS tahun ini diikuti lebih banyak merek, dengan area lebih besar. Bocoran sedikit, infonya banyak launching mobil baru yang akan dihadirkan pada GlIAS tahun ini. Ada merek baru yang sudah bergabung, dan masih ada beberapa merek yang dalam proses kepesertaan. Melihat perkembangannya, kami optimis pameran tahun ini akan menjadi GIIAS dengan jumlah merek terbanyak,” ungkap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

Tema utama untuk GIIAS 2023 ini sendiri adalah Future Now yang merupakan representasi masa depan industri otomotif Indonesia terutama mengenai kesiapan Indonesia memasuki era mobil listrik. Untuk itu GIIAS 2023 akan menghadirkan program edukasi dan simulasi otomotif seperti test drive dan test ride khusus kendaraan listrik. 

GIIAS 2023 sendiri rencananya akan digelar pada tanggal 10 – 20 Agustus 2023 di ICE BSD. Gaikindo juga mengumumkan GIIAS The Series 2023 yang berlanjut di Surabaya pada tanggal 20 – 24 September 2023 di Grand City Convex, 18 hingga 22 Oktober 2023 di Marina Convention Center dan berakhir di kota baru yaitu Bandung pada tanggal 22 – 26 November di Sudirman Grand Ballroom.

Cari Mobil Berdasarkan Merk

Audi
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
Jaguar
Jeep
KIA
Land Rover
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon