Hampir 3 Juta Kendaraan Akan Penuhi Jalan Tol Selama Libur Nataru, Siap-Siap Macet!

Dymas Okta
15 Dec 2023 11:20
Hampir 3 Juta Kendaraan Akan Penuhi Jalan Tol Selama Libur Nataru, Siap-Siap Macet!

CVT Indonesia – Bagi CVTees yang merencanakan liburan tahun baru harus bersiap menghadapi kemacetan yang akan terjadi di banyak ruas jalan tol. Pasalnya Jasa Marga memprediksi hampir 3 juta kendaraan akan memenuhi ruas jalan tol terutama di Jabodetabek.

Rincian prediksi Jasa Marga memperkirakan akan ada 2.884.595 kendaraan keluar pada arus liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 dan sebanyak 2.886.846 unit kendaraan masuk ke Jabodetabek pada arus balik Nataru.

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga menjelaskan bahwa prediksi tersebut akan terjadi pada periode H-7 Natal atau 18 Desember 2023 hingga H+3 libur Tahun Baru atau 4 Januari 2024.

“Mayoritas itu ke arah timur, ke arah Trans Jawa di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan ke arah Bandung di GT Kalitama,” ujar Lisye.

Akumulasi 2,88 juta kendaraan tersebut akan dihitung dari GT milik Jasa Marga, seperti GT Cikupa menuju Merak, GT Ciawi menuju Bogor, Cikampek Utama menuju Trans Jawa, dan GT Kalitama menuju Bandung.

BACA JUGA: Banyak Kenaikan Harga, Ini Rincian Tarif Tol Trans Jawa Terbaru Untuk Natal dan Tahun baru

Untuk memastikan arus liburan dan arus balik dapat dijaga tetap dalam keadaan kondusif dan lancar, Jasa Marga akan menerapkan beberapa kebijakan dan rekayasa lalu lintas.

“Seperti pembatasan waktu operasional angkutan barang, pengoperasian ruas tol baru, memberhentikan pekerjaan konstruksi yang sedang berjalan, pemberlakuan contraflow, dan sebagainya.” tambah Lisye.

Lisye menambahkan untuk pemberlakuan contraflow, detailnya akan disampaikan secara berkala menunggu keputusan dari Kakorlantas Polri.

Lisye menghimbau masyarakat untuk memastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi yang prima, serta pastikan perbekalan, BBM, dan Saldo e-toll yang cukup.

“Pengendara juga bisa mengecek perkiraan tarif tol yang akan dilewati melalui aplikasi travoy yang dapat diunduh di Playstore atau AppStore.” pungkas Lisye.

BACA SELANJUTNYA: Toyota Terus Dominasi Pasar Mobil Indonesia, Kuasai 33% Market Share di 2023

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon