Hindari Tanggal Ini Agar Tidak Terjebak Kemacetan Arus Balik Tahun Baru

Dymas Okta
31 Dec 2023 08:29
Hindari Tanggal Ini Agar Tidak Terjebak Kemacetan Arus Balik Tahun Baru

CVT Indonesia – Puncak arus balik libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada Senin, 1 Januari 2024. Mayoritas pergerakan kendaraan akan terjadi dari arah timur (Trans Jawa) menuju Barat (Jakarta).

PT Jasa Marga (Persero) memprediksi sebanyak 140 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta  pada puncak arus balik tersebut, meningkat 29% dari arus balik tahun baru tahun lalu. Secara total, diprediksi sebanyak 240 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta.

Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga menjelaskan bahwa terjadi lonjakan kendaraan menjadi total 1,9 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini.

“Lokasi yang menjadi fokus perhatian untuk diantisipasi yaitu pada KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau pertemuan kendaraan dari Bandung dan Cikampek menuju Jakarta,” papar Lisye melalui siaran pers resmi.

BACA JUGA: Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Akan Terjadi, Catat Tanggalnya

“Selain itu ada potensi kepadatan di beberapa lokasi ruas tol Trans Jawa dari arah Semarang menuju Jakarta, terutama pada titik pertemuan simpul lalu lintas, akses keluar jalan arteri dan beberapa lokasi rest area.” tambah Lisye.

Ia memastikan pihaknya telah bekerjasama dengan kepolisian dan instansi berwenang lainnya untuk melakukan rekayasa lalu lintas dalam mengantisipasi kepadatan di lokasi tersebut.

Lisye menghimbau untuk menghindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 1 dan 2 Januari 2024, terutama bagi yang masih memiliki kelonggaran untuk melanjutkan periode liburnya, serta memanfaatkan diskon tol.

“Khusus di hari Rabu, 3 Januari 2024, pengguna jalan dapat sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 10% yang akan berlaku di Jalan Tol Trans Jawa untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta.” pungkas Lisye.

BACA SELANJUTNYA: 55 Ribu Kendaraan Tercatat Lewati Jalur Fungsional Tol JogjaSolo

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon