Honda Civic RS Facelift, Dapat Varian Baru Dengan Transmisi Manual

Dymas Okta
7 Aug 2024 11:44
Honda Civic RS Facelift, Dapat Varian Baru Dengan Transmisi Manual

CVT Indonesia – Honda Civic kali ini mendapatkan penyegaran berupa facelift pada awal Agustus ini. Tapi sayangnya ini hanya berlaku untuk pasar Jepang bukan Indonesia.

Honda Civic di Jepang hadir dalam trim RS yang membuatnya menjadi pilihan menarik karena memiliki gaya sporty namun tetap berkelas.

Secara visual Honda Civic RS di Jepang mengambil basis dari Civic Type R FL5, jadi bentuknya berbeda dengan Civic RS yang ada di Indonesia. Civic RS Hot Hatch Concept ini pertama kali ditampilkan pada Tokyo Auto Salon 2024 silam.

Satu hal yang spesial dari Civic RS facelift ini adalah mendapatkan varian transmisi manual. Yaa transmisi manual di 2024, sebuah hal yang langka ditemukan terutama di negara maju seperti Jepang.

Hal yang membedakan Civic RS dengan varian e:HEV ada pada penggunaan emblem khusus RS, trim interior lebih gelap, serta velg berukuran 18 inci berwarna hitam yang membuat tampilannya lebih sangar.

Jika ingin membuat tampilannya lebih gahar, Civic RS dapat diberikan add on original dari Honda Access. Tentunya penambahan ini membuat CIvic RS memiliki tampilan seperti Civic Type R.

BACA JUGA: AION Hyptec HT, Mobil Listrik Mewah Yang Punya Pintu Anti Mainstream

Namun apabila tidak ingin se-racing itu, konsumen dapat memilih ducktail spoiler yang lebih kecil. Pilihan lainnya termasuk ekstensi bumper aerodinamis dan hiasan sporty untuk gril dan intake bumper yang lebih rendah.

Membedakan Civic varian RS dan e:HEV cukup mudah, secara tampilan terdapat aksen merah pada dashboard dan panel pintu yang kontras dengan interior yang gelap. Serta dari depan sudah terlihat logo RS yang diletakkan di grill depan.

Tentunya untuk varian manual akan terdapat perbedaan di kolom transmisi karena menggunakan transmisi manual 6 speed dan juga tentunya terdapat 3 pedal di bagian pengemudi.

Berbicara soal dapur pacu, Civic RS Facelift mengandalakan mesin VTEC turbocharged 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 180 Hp serta torsi 240 Nm.

Menambah nilai fun to drive, ia dilengkapi teknologi rev-matching seperti milik Type R dan sistem suspensi yang lebih sporty dibanding trim lain.

Sejauh informasi yang kami dapat, Civic RS Manual ini hanya eksklusif untuk pasar Jepang saja. Belum ada hilal apakah Indonesia akan kebagian atau tidak.

Mengutip dari Carscoops, Honda Civic RS Manual dibanderol dengan harga 4.198.700 Yen. Jika di konversi ke rupiah sekitar Rp476 jutaan.

BACA SELANJUTNYA: Pengen Beli BYD M6? Catat Kekurangan dan Kelebihannya!

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon