Honda Civic Type R FL5 Terbaru Meluncur, Top Speed Tembus 272 Km/h

Dymas Okta
31 Mar 2023 20:21
Honda Civic Type R FL5 Terbaru Meluncur, Top Speed Tembus 272 Km/h

CVT Indonesia – Berbicara mengenai Civic, kita tidak bisa melepaskan nama besar Type R yang sudah melegenda sejak 1997. Kehadiran Civic Type R generasi terbaru berkode FL5 yang sudah lama dinanti akhirnya terwujud di Indonesia. Pasalnya PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Civic Type R FL5 pada Kamis (30/03) di Jakarta.

Civic Type R selalu kental dengan DNA balap. Pasalnya, Civic Type R selalu menargetkan untuk menjadi yang tercepat dalam kategori Mobil FF (Penggerak Roda Depan) tercepat di sirkuit Nurburgring Jerman.

Generasi terbaru dari Honda Civic Type R FL5 pertama kali diluncurkan di Jepang pada bulan September 2022 dan langsung disambut dengan antusias oleh para penggemarnya di seluruh dunia. 

Pada tahun 2022 yang lalu, Honda Civic Type R FL5 berhasil meraih penghargaan bergengsi yaitu Car of the Year Japan, Best Car to Buy dari Motor Authority, Majalah Top Gear sebagai Hot Hatch of the Year, dan penghargaan tertinggi sebagai Car of The Year.

Indonesia mendapatkan Honda Civic Type R FL5 dengan spesifikasi yang sama dengan pasar Amerika Serikat (US), yaitu mesin berkode K20C1 VTEC Turbo dengan tenaga 319 PS dengan torsi maksimal 420 Nm.

Berbeda dengan spesifikasi pasar Jepang dan Eropa yang memiliki tenaga 330 PS meskipun dengan spesifikasi mesin yang sama.

BACA JUGA: Jajal Wuling Alvez Keliling GBK, Begini Rasa Nyetirnya

Dengan figur tenaga tersebut, Civic Type R FL5 berhasil memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dengan mencatat Lap Time 2 menit 23.120 detik. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh Honda Civic Type R FK8.

Berorientasi untuk pengemudi, Civic Type R dilengkapi dengan berbagai fitur kustomisasi yang intuitif, mulai dari LogR sebagai panduan berkendara yang dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat.

Kustomisasi Honda Civic Type R FL5

Selanjutnya ada fitur Individual Mode yang dapat mengatur output mesin sesuai dengan karakter pengemudi. Honda Sensing juga hadir untuk pertama kalinya pada Civic Type R di generasi FL5 ini.

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Civic Type R memiliki fans yang sangat loyal di Indonesia. Bahkan Civic Type FL5 ini sudah mendapatkan 95 pesanan.

Namun HPM sendiri belum dapat memastikan kapan permintaan itu akan terpenuhi. Semua tergantung alokasi yang diberikan oleh pihak prinsipal di Jepang. Pasalnya, saat ini Civic Type R hanya diproduksi di Jepang.

“Sekarang baru ada 15 unit, yang sudah serah terima 10 unit. Dua bulan lagi masih 10 unit, Mei 10 unitm Juni 10 unit, Juli diusahakan lebih dari 10, produksi ini terbatas,” Ujar Billy.

Honda Civic Type R terbaru ini dibanderol dengan harga Rp1,399 miliar OTR Jakarta.

BACA SELANJUTNYA: Catat! Jadwal One Way Dan Contraflow Jalur Mudik Lebaran 2023

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon