Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Mana Lebih Cocok Untuk Lebaran?

Dymas Okta
19 Mar 2024 19:12
Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Mana Lebih Cocok Untuk Lebaran?

CVT Indonesia – Hyundai Palisade semenjak kedatangannya di tanah air pada 2020 bak menjadi primadona baru di segmen mobil mewah yang biasanya diisi oleh MPV besar atau Minivan.

Padahal di segmen yang sama dengan Palisade sudah datang terlebih dahulu Mazda CX-9 pada tahun 2018. Namun gaung dari SUV Mewah Mazda ini bisa dibilang kalah dibandingkan dengan Palisade.

Lantas, dangan banderol yang relatif mirip di angka Rp1 Miliar-an, mana SUV besar yang lebih unggul?

DESAIN DAN DIMENSI

Diatas kertas, dimensi dari Hyundai palisade adalah P 4.980 mm, L 1.975 mm, dan tinggi 1.750 mm. Sementara CX-9 memiliki dimensi P 5.075 mm, L 1.969 mm, dan T 1.747 mm.

Lantas untuk desain, memang merupakan hal yang subyektif. Namun melihat perilaku konsumen Indonesia yang lebih menyukai mobil bertampang ‘gagah’ Palisade unggul dalam desain eksterior karena memiliki tampilan yang lebih mengotak dan tegas dibandingkan CX-9 yang memiliki desain lebih sleek.

Untuk desain Interior, Palisade juga lebih unggul karena model yang lebih fresh, user interface infotainment lebih baru, serta Captain Seat yang tidak dimiliki oleh CX-9.

Interior Hyundai Palisade

KENYAMANAN

Berdasarkan tes jangka panjang yang dilakukan oleh tim CVT Indonesia, sayangnya karakter mesin diesel Palisade cukup menjadi concern untuk kenyamanan. Karakteristik diesel yang memiliki getaran lebih dan lebih berisik menjadikan CX-9 terasa lebih halus dan lebih kedap.

BACA JUGA: Ini Alasan Hyundai Palisade Bisa Kuasai Pasar SUV Premium Hingga Saat Ini

Meskipun begitu, Hyundai berhasil meredam dengan baik karakter natural dari mesin diesel tersebut dengan peredaman yang baik dan tentunya suspensi yang nyaman. Sehingga membuat penumpang bisa lupa bahwa sedang menaiki sebuah mobil diesel.

Sementara untuk CX-9 meskipun memiliki kabin yang lebih hening, karena memang mesin bensin lebih halus, namun mobil ini memiliki suspensi yang cenderung lebih kaku dan cocok untuk konsumen yang terbiasa menyetir sendiri.

KEPRAKTISAN

Yang namanya sebuah SUV besar tentunya menjadi kewajiban untuk memiliki kapasitas penyimpanan yang optimal. Diatas kertas, Hyundai Palisade memiliki kapasitas bagasi 311 liter sementara Mazda Cx-9 hanya 230 liter.

Sementara ketika baris ketiga dilipat, kapasitas bagasi CX-9 menjadi 840 liter. Lantas untuk Hyundai Palisade kapasitasnya menjadi 1,297 liter.

FITUR

Hyundai Palisade bisa dibilang cukup ‘ngasepin’ CX-9 dalam kategori ini. Palisade hadir dengan sistem Infotainment berukuran 12,3 inci dengan UI terbaru serta audio premium Infinity 12 speaker. Kemudian sistem ini juga terkoneksi dengan Bluelink yang dapat mengkoneksikan ponsel pemilik dengan mobil.

Dashboard Hyundai Palisade

Kemudian terdapat interkom khusus untuk penumpang baris ketiga jika ingin berkomunikasi dengan pengemudi. Dual sunroof, wireless charger, ventilated seat dibaris pertama dan kedua, serta yang terbaru adalah terdapatnya Navigation Map.

Kemudian Palisade juga memiliki fitur Smartsense yang lebih lengkap yang mencakup Smart Cruise Control with Stop & Go, Forward Collision-avoidance Assist, Safe Exit Assist, Blind Spot Collision Warning, Lane Following Assist, Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist, dan Blind-spot View Monitor.

Sementara Mazda CX-9 memiliki headunit berukuran 9 inci ditambah dengan 12 speaker premium Bose, wireless charging, Head up display, dual zone AC di depan dan belakang, ventilated seat untuk baris pertama.

Dashboard Mazda CX-9

Kemudian CX-9 juga memiliki fitur i-Activesense yang terdiri dari blind spot monitoring dan rear cross traffic alert, lane departure warning system, lane keep assist system, smart city brake support, pedestrian brake, dan driver attention alert.

PERFORMA

Mazda CX-9 secara angka lebih unggul pada kategori ini, karena menggunakan mesin bensin 2.5 liter Turbo Skyactive dengan tenaga 231 PS dan torsi 420 Nm.

Sementara Hyundai Palisade masih mengandalkan mesin Turbodiesel Smartstream 2.2 liter CRDi dengan tenaga 200 PS dan torsi 440 Nm.

Ketika kami melakukan uji Drag Race, terbukti CX-9 dapat mengungguli Palisade. CX-9 dapat menempuh 0-100 km/h dalam 7,9 detik, sementara Palisade membutuhkan waktu 9 detik.

Untuk Konsumsi BBM, Mazda CX-9 mencatatkan 9,35 km/l untuk rute dalam kota dan untuk rute luar kota di angka 13,5 km/l. Hyundai Palisade lebih unggul karena dapat mencatatkan konsumsi BBM 11,1 km/l untuk rute dalam kota dan 15,6 km/l untuk rute luar kota.

KESIMPULAN

Dengan banderol yang tidak murah, Hyundai Palisade dijual dengan harga mulai Rp904 juta hingga Rp1,181 miliar serta Mazda CX-9 yang memiliki harga Rp897,7 juta hingga Rp977,7 juta.

Kedua mobil ini menawarkan keunggulannya masing-masing dengan jarak perbandingan yang tipis.

Namun secara overall, Hyundai Palisade bisa dibilang lebih worth to buy apabila konsumen lebih membutuhkan SUV yang all rounder.

BACA SELANJUTNYA: Mau Mudik Pakai Hyundai Stargazer, Cek Harga Terbarunya!

Cari Mobil Berdasarkan Merk

Audi
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
Jaguar
Jeep
KIA
Land Rover
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon