Hyundai Sanggupi TKDN 60% Sebagai Syarat Dari Pemerintah

Dymas Okta
13 Jul 2023 15:33
Hyundai Sanggupi TKDN 60% Sebagai Syarat Dari Pemerintah

CVT Indonesia – Hyundai menargetkan untuk mencapai syarat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 60% pada tahun 2024. Saat ini syarat mobil listrik yang memnuhi subsidi hanya 40%.

Pemerintah sudah menentukan untuk mensyaratkan pabrikan memenuhi TKDN 60% pada tahun 2023 untuk mencapai syarat subsidi.

Mengutip dari Antara Presiden Hyundai Motor ASEAN HQ Youngtack Lee optimis mampu memenuhi syarat tersebut tahun depan. Dirinya mengatakan bahwa Hyundai sudah siap memenuhi syarat tersebut meskipun saat ini masih berada di 40%.

“TKDN Hyundai bisa diatas 60% tahun depan. Karena peraturan di Indonesia sebenarnya sampai tahun 2024 harusnya memang 60 persen,” ujar Lee saat kunjungan Mendag Zulkifli Hasan di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), Selasa (11/07).

BACA JUGA: Mazda Bercerita Tentang Filosofi Jinba-Ittai

Penetapan ini mengacu pada Permenperin No.6/2022 tentang Spesifikasi Peta Jalan Pengembangan dan Ketentuan Penghitungan Nilai TKDN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Lee juga mengatakan bahwa Hyundai tahun depan merencanakan untuk memproduksi lebih banyak lagi mobil listrik untuk mempercepat kebijakan pemerintah dalam peralihan mobil konvensional ke mobil listrik.

Sementara itu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menekankan agar Hyundai tetap mengutamakan kemitraan dengan wirausaha lokal (Khususbya UMKM) untuk mengoptimalkan TKDN.

Disisi lain Mendag juga berharap Hyundai bisa menjadi penggerak mobil listrik di Tanah Air maupun Global.

“Kiranya kita dapat terus bersinergi dan bekerja bersama untuk menciptakan industri yang sehat dan berdaya saing pasar global.” tutur Zulkifli Hasan.

BACA SELANJUTNYA: Toyota Akan Luncurkan Veloz Hybrid di Akhir 2023?

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon