CVT Indonesia – Pada pembukaan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 silam (16/2), Wuling Motors Indonesia (Wuling) meluncurkan SUV terbarunya sekaligus SUV terkecilnya dalam line-up mobil Wuling di Indonesia.
Wuling Alvez merupakan mobil dalam segmen Compact SUV dan akan berhadapan langsung dengan Honda HR-V, Hyundai Creta, dan juga Mazda CX-3 namun dengan harga yang jauh dibawah para pesaingnya.
Tim CVT Indonesia berkesempatan untuk mencoba langsung rasa berkendaranya dan juga beberapa fitur unggulan dari Wuling Alvez ini.
Wuling Alvez ditenagai oleh mesin 1.5L Naturally Aspirated (NA) 4 silinder DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 105 Hp dengan torsi maksimal 143 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda depan melalui pilihan transmisi manual 6 percepatan dan CVT.
Pertama kali masuk ke Interiornya, Kulit-kulit yang digunakan pada Wuling Alvez terasa mewah bahkan dibandingkan beberapa kompetitornya.
Untuk urusan panel instrumen Alvez mengandalkan MID berukuran 7 inci dengan User Interface yang sama dengan Wuling Almaz. Kemudian sistem infotainment Alvez sama dengan yang kita temui pada Wuling Cortez, layar 10,25 inci yang mencakup hiburan dan panel kontrol dari mobil ini.
BACA JUGA: Wuling Alvez Meluncur di IIMS 2023, Harga 200 Jutaan
Pada sistem mobil ini juga juga sudah dilengkapi dengan Wuling Indonesia Voice Command serta Advance Driver Assistance System yang bisa diatur melalui layar infotainment tersebut. Namun sayang mobil ini belum dilengkapi dengan Android Auto maupun Apple CarPlay.
Begitu kami berjalan menggunakan mobil ini, karakter dari transmisi CVT-nya agak berbeda dari mobil dengan CVT kebanyakan. Dimana pada saat kami melepas rem, mobil ini melaju dengan kecepatan diatas rata-rata saat gliding. Ini mirip dengan karakter transmisi torque converter ataupun dual clutch.
Selanjutnya kami mencoba untuk berakselarasi dari posisi berhenti, mesin Alvez cukup responsif dan tidak ada delay yang berarti dari transmisinya.
Kemudian kami mencoba bermanuver dengan mobil ini, rasa setir dari Alvez terasa sangat ringan dan artificial. Karakter pengendalian ini lebih cocok untuk penggunaan dalam kota. Namun positifnya, dengan suspensi yang cenderung agak keras, Alves memiliki body roll yang cukup baik.
Terakhir kami coba mobil ini diisi penuh 5 orang. Suspensi mobil ini yang cenderung keras tidak membuat bagian belakang Alvez ‘ambles’ di kondisi seperti ini. Rasa dari suspensinya juga cenderung terasa lebih empuk ketika mobil diisi penuh.
Wuling Alvez dipasarkan dalam 3 pilihan kemewahan, mulai dari tipe SE M/T yang dibanderol Rp209 juta, tipe CE CVT Rp255 juta, tipe EX CVT Rp295 juta OTR Jakarta.
BACA SELANJUTNYA: Wuling Ajak Komunitas Bertemu Langsung Wuling Alvez di IIMS 2023