IKN Ambisius Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak

Dymas Okta
28 Jan 2024 15:31
IKN Ambisius Hadirkan Kendaraan Tanpa Awak

CVT Indonesia – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan proyek ambisius dari Pemerintah Republik Indonesia. Saking ambisiusnya, IKN berencana menghadirkan kendaraan tanpa awak alias autonomous vehicle.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Mohammed Ali Berawi mengatakan bahwa pihaknya menggandeng Bluebird dan Damri dalam pengembangan transportasi tersebut.

“Saya sudah diskusi dengan Dirut Damri dan pihak Bluebird, mereka juga bersedia,” kata Ali Berawi beberapa waktu lalu.

Menanggapi permintaan tersebut, pihak Bluebird melalui Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono mengatakan bahwa pihaknya selalu terbuka untuk menghadirkan berbagai moda transportasi publik ramah lingkungan.

“Kami tidak tertutup dengan berbagai macam moda, yang ke depannya akan di-showcase-kan, akan dilakukan di IKN, karena relevan sifatnya di sana,” jelas Andre.

BACA JUGA: Honda Resmikan Bengkel Bodi dan Cat Honda Surabaya Center, Terbesar di Jawa Timur

Andre juga mengatakan bahwa pihak Bluebird menggelontorkan investasi sebesar Rp250 miliar untuk menghadirkan transportasi publik ramah lingkungan.

Rencananya investasi tersebut akan dialokasikan menjadi taksi listrik 100 unit, armada mobil rental listrik 50 unit, hingga armada bus jurusan IKN-Balikpapan sebanyak 10 unit.

Hal ini senada dengan yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo atau jokowi yang sempat mengungkapkan investasi Bluebird di IKN.

“Peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara,” kata Presiden Joko Widodo.

BACA SELANJUTNYA: Suzuki Ungkap Alasan Belum Mau Latah Soal Mobil Listrik

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon