Ini Alasan Hyundai Ioniq 5 Masih Menjadi Favorit Ditengah Gempuran Mobil Listrik China

Dymas Okta
13 Jun 2024 09:10
Ini Alasan Hyundai Ioniq 5 Masih Menjadi Favorit Ditengah Gempuran Mobil Listrik China

CVT Indonesia – Hyundai Ioniq 5 sempat merajai pasar mobil listrik Indonesia, terutama pada tahun 2023 dimana mobil listrik CKD pertama Hyundai di Indonesia ini merajai penjualan dengan 7.176 unit terjual.

Ditengah gempuran mobil listrik asal China yang saat ini menyerang pasar mobil listrik Indonesia yang memiliki harga jauh dibawah Ioniq 5, namun mobil listrik andalan Hyundai ini masih menjadi primadona mobil listrik di Indonesia

Setidaknya kami merangkum beberapa hal yang menjadi alasan Hyundai Ioniq 5 tetap menjadi mobil listrik pilihan terbaik untuk saat ini

  1. DESAIN

Ioniq 5 merupakan mobil yang All Rounder jika dibandingkan dengan para pesaingnya di segmen mobil listrik. Memiliki design yang ‘Retro Inspired’ namun tetap futuristis, jelas hal ini belum dimiliki oleh para pesaingnya dari produsen Tiongkok.

  1. DAYA JELAJAH YANG JAUH

Menggendong baterai 72,6 kWh, Hyundai Ioniq 5 dapat menempuh jarak 481 Kilometer menurut WLTP. Namun uniknya kami pernah melakukan tes Hyundai Ioniq 5 dengan rute Jakarta – Semarang beberapa waktu lalu. Hyundai Ioniq 5 dapat menempuh jarak lebih dari 500 Kilometer.

Hal ini berbeda dengan beberapa brand tiongkok yang kami turut uji coba di kesempatan yang sama, justru baterai habis dibawah dari daya jelajah yang diklaim oleh pabrikan.

Setelah itu kami juga mengetes mobil ini dengan rute Jakarta – Bandung dengan total jarak yang ditempuh sekitar 700 Kilometer. Dengan daya tempuh tersebut, kami menghabiskan biaya pengecasan hanya Rp220 ribu rupiah. Tentu ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan mobil bensin dengan jarak tempuh yang sama.

BACA JUGA: GAC Aion Y Plus Resmi Diperkenalkan, Apa Menariknya?

  1. INTERIOR SUPER LEGA

Ini adalah yang tidak bisa ditiru oleh pabrikan lain. Hyundai Ioniq 5 memiliki dimensi P 4.635mm x L 1.890mm x T 1.605mm. Memang angka tersebut terlihat biasa saja, sampai kita mengetahui jika Wheelbase mobil ini adalah 3.000mm.

Lantas dengan Dimensi yang besar tersebut serta wheelbase yang sangat panjang, Ioniq 5 memiliki kabin yang super lega baik bagi penumpang depan maupun penumpang belakang.

  1. FITUR FLAGSHIP HYUNDAI

Diatas kertas, Fitur-fitur Hyundai Smartsense mencakup Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM), Surround View Monitor (SVM), Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), dan Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G).

Serta fitur konektivitas andalan Hyundai yakni Hyundai Bluelink. Diatas kertas, mobil-mobil listrik lain yang lebih murah memang sudah memiliki fitur yang sama.

Namun ketika merasakan driving experience dalam penggunaannya, Hyundai Ioniq 5 berada di level yang sangat berbeda. Seperti SCC, LKA, dan LFA milik Hyundai hingga saat ini masih menjadi yang terhalus bahkan jika dibandingkan dengan beberapa brand eropa.

Kemudian Blind Spot View Monitor yang ketika kita menyalakan lampu sen akan menampilkan citra dari kamera yang berada di spion, membuat spion terasa tidak perlu ada ketika mengemudi.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, tidak heran apabila Hyundai Ioniq 5 masih dapat bersaing di tengah ketatnya persaingan mobil listrik di Indonesia. Bahkan secara lebih universal, Ioniq 5 sempat memimpin penjualan di rentang harga mobil Rp700 – Rp800 jutaan.

BACA SELANJUTNYA: Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jakarta Digelar, Catat Tanggalnya

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon