Ini Alasan Suzuki Jimny 5-door Banjir SPK di IIMS 2024

Dymas Okta
21 Feb 2024 08:35
Ini Alasan Suzuki Jimny 5-door Banjir SPK di IIMS 2024

CVT Indonesia – Suzuki Jimny 5-door resmi diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, baru beberapa hari mobil ini meluncur sudah mendapatkan animo tinggi dari masyarakat.

“Respon Jimny sangat bagus sekali, tarikan SPK di hari pertama saja sudah seribu unit. Sejak Kamis sore sampai Sabtu pagi saja sudah nambah puluhan SPK.” kata Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ditemui di JIExpo Kemayoran.

Dia menyebut tidak hanya sebatas SPK, namun pihaknya juga semakin bisa mengedukasi All Grip Pro yaitu sistem penggerak 4wd milik Jimny 5-door. Pasalnya setiap hari ada ratusan pengunjung yang mencoba test drive Adventure Jimny di IIMS 2024.

Menurut Harold ada beberapa hal yang membuat Jimny 5-door mendapatkan antusias yang tinggi.

“Pertama family approved, menurut mereka Jimny 5-door lebih dapat mengakomodir kebutuhan keluarga. Istri atau pihak keluarga lebih oke dibanding 3-door. Kedua walaupun Jimny tidak senyaman Ertiga, mereka bilang gapapa yang penting iconic.” jelas Harold.

Selain itu, sebagai yang bisa dikategorikan mobil hobi, Suzuki Jimny 5-door cenderung memiliki biaya keperawatan yang terjangkau. Menggunakan mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga, yaitu K15B berkapasitas 1.500cc yang bertenaga tanpa melupakan pentingnya efisiensi konsumsi bahan bakar sebagai kendaraan offroad.

BACA JUGA: Suzuki Pastikan Jimny 5-door Tidak Akan Menjadi Gorengan

Menurut Christiana Yuwantie Spare Parts Dept. Head PT SIS, biaya keperawatan Jimny 5-door cenderung sama dengan Jimny 3-door.

“Untuk perawatan Jimny selama 3 tahun sekitar 2 jutaan, sama dengan Jimny 3 pintu. Kecuali spesifikasi yang khusus untuk 5 pintu seperti kaca, pintu, dan lain-lain. Kalau fast moving parts tetap sama.” papar Christiana.

Suzuki Jimny 5-door sendiri memiliki program gratis biaya jasa service selama 3 tahun / 60.000km (yang mana tercapai lebih dulu). Menurut data mengenai perawatan Jimny 5-door di bengkel resmi Suzuki.

Biaya perawatan Jimny 5-door sekitar Rp1,5 jutaan untuk 3 tahun pertama kepemilikan. Sementara untuk biaya perawatan selama 5 tahun atau kira-kira 100.000 km sekitar Rp10 jutaan untuk varian MT dan Rp11 jutaan untuk varian AT.

Jika dibandingkan dengan perawatan Suzuki Ertiga memang sedikit lebih mahal, mengingat Jimny 5-door menggunakan sistem All Grip Pro yang membutuhkan perawatan ekstra termasuk untuk mengganti oli gardan setiap 20.000 km.

Dengan segala kelebihannya tersebut, tidak aneh Suzuki Jimny 5-door mendapatkan animo yang tinggi. Namun di sisi lain banyak isu beredar bahwa Jimny 5-door turut menjadi gorengan di dealer-dealer Suzuki.

Harold turut menegasakan bahwa Jimny 5-door tidak akan menjadi ‘gorengan’ karena pihaknya terus menerapkan dan melakukan kontrol terhadap One Price Policy.

“Itu tugas kita untuk menjaga One Price Policy, karena memang animonya tinggi sekali dan permintaan banyak. Jadi kami terus usaha agar harga ini tidak jadi gorengan.” tutup Harold.

BACA SELANJUTNYA: Suzuki Adakan Berbagai Promo di IIMS 2024

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon