Intip Fasilitas Pabrik BYD di China, Mampu Produksi Ratusan Ribu Unit Setahun

Dymas Okta
8 Mar 2024 15:49
Intip Fasilitas Pabrik BYD di China, Mampu Produksi Ratusan Ribu Unit Setahun

CVT Indonesia – BYD, produsen mobil listrik terbesar asal China memiliki 9 fasilitas pabrik produksi di China, salah satunya adalah pabrik yang berlokasi di Changzhou, China.

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia mengatakan Pabrik Changzhou adalah salah satu aset terpenting yang dimiliki oleh BYD karena merupakan landasan komitmen berkelanjutan BYD.

“Dengan fasilitas yang mencakup pembuatan komponen hingga perakitan, pabrik ini memungkinkan kami untuk memproduksi NEV dengan kualitas tinggi dan biaya yang terjaga, sehingga kami dapat terus memimpin revolusi NEV global,” kata Zhao.

Pabrik Changzhou saat ini di dedikasikan secara eksklusif untuk memproduksi Atto 3 dan Seal. Terdiri dari empat area utama, yaitu stamping, welding, assembly, dan painting.

Menggunakan mesin yang di desain mandiri oleh BYD, Pabrik ini diklaim berhasil mencapai efisiensi 50% lebih tinggi dibandingkan pabrikan lain di China. Efisiensi produksi salah satunya diterapkan dengan sistem otomatisasi hingga 95 persen dari total proses dalam kebutuhan tertentu.

BACA JUGA: Bawa Suzuki Jimny Ke Habitat Aslinya, Ternyata Begini

“Pada dasarnya Industri otomotif terdiri dari 2 bagian penting: manufacturing dan distributorship. Pada kunjungan pabrik hari pertama ini, kami bermaksud untuk menunjukkan kesiapan BYD dalam mensupply dan memenuhi kebutuhan demand di market melalui advanced and massive production facility,” jelas Luther Panjaitan, Head of Marketing Communication, PT BYD Motor Indonesia.

Pabrik yang menerapkan praktik keberlanjutan melalui penerapan energi baru ini memiliki kapasitas produksi mencapai 300.000 unit NEV per tahun, namun dapat lebih tinggi lagi untuk menyesuaikan permintaan pasar.

Lantas hubungan pabrik ini dengan pasar BYD di Indonesia dikatakan oleh Eagle Zhao bahwa BYD ingin mensinergikan dedikasinya dengan komitmen Indonesia menuju Net Zero Emission.

“Kami melihat besarnya potensi sinergi ini dari peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan pertimbangan konsumen yang semakin cerdas, kami yakin BYD akan diterima dengan baik dan menjadi pilihan utama konsumen di Indonesia,” tutup Zhao.

Berdiri di area yang memiliki luas area 11.600m2   luas Pabrik ini telah beroperasi sejak 2008 dan turut berkontribusi besar pada pencapaian BYD yang telah berhasil mendistribusikan 6 juta mobil listrik ke seluruh dunia

BYD menyebut bahwa perusahaan terus menciptakan solusi yang tidak hanya canggih secara teknologi tetapi juga membawa dampak positif pada masyarakat dan lingkungan. BYD dan pabriknya di Changzhou terus membawa perubahan yang positif dalam industri teknologi, untuk membentuk masa depan yang lebih baik.

BACA SELANJUTNYA: Mengejutkan! Mobil Listrik Neta Turun Harga Rp62 Juta

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon