CVT Indonesia – Chery Tiggo 5x saat ini menjadi line-up paling terjangkau Chery di Indonesia. Mobil ini sudah diperkenalkan pada IIMS 2024 silam dan masuk ke dalam periode prebook.
PT Chery Sales Indonesia (CSI) membanderol mobil ini selama periode prebook mulai Rp249 juta. Lantas bagaimana rasa menyetir mobil termurah Chery ini?
Tim CVT Indonesia mendapatkan kesempatan pada acara media drive Chery Tiggo 5X dengan rute Jakarta – Surabaya yang berlangsung dari 27-29 mei 2024.
Sebelum menuju ke Kota Surabaya, kami dijadwalkan untuk berhenti rehat di kota Semarang. Jarak Jakarta-Semarang dirasa sudah cukup untuk menilai rasa berkendara SUV kecil ini.
Diatas kertas, mobil ini dibekali mesin 1.500 cc 4 silinder yang memiliki tenaga 112 hp serta torsi 138 Nm. Tenaga tersebut dialirkan ke roda depan melalui transmisi CVT.
Dengan perpaduan tersebut, mobil ini terasa halus ketiga dikendarai, namun tenaga dirasa kurang ketika kami melakukan akselarasi. Sangat terasa delay tenaga dari transmisi CVT nya.
BACA JUGA: Hyundai Konfirmasi Ioniq 5 N Akan Datang Ke Indonesia
Dari sisi kenyamanan, mobil ini memiliki bantingan yang empuk dan nyaman. Meskipun memiliki suspensi yang empuk, mobil ini masih mampu menjaga kestabilannya ketika berada di jalan tol dan melakukan sedikit manuver.
Untuk posisi mengemudi, Tiggo 5x juga dirasa pas dan mudah untuk mendapatkan posisi yang nyaman dan rileks. Untuk peredaman kabin, mengingat harganya dibawah Rp300 juta, mobil ini cukup baik meredam suara angin, namun suara ban dari kolong masih cukup terasa.
Sementara untuk fitur, mobil ini sudah dilengkapi berbagai fitur termasuk ABS, EBD, BA, Hill Start Assist dan Hill Descent Control. Selain itu mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sistem ADAS yang meliputi lane departure warning, blind spot detection, rear cross traffic alert, adaptive cruise control (ACC), font collision warning, autonomous emergency braking, dan intelligent high beam control headlamp.
Bahkan untuk mobil dibawah Rp300 juta, Tiggo 5x menjadi satu-satunya yang memiliki fitur stop and go yang biasanya ada di mobil mahal. Namun sisi negatifnya adalah ACC pada mobil ini cenderung agak kasar dalam pengereman dan akselarasinya.
BACA SELANJUTNYA: Neta V-II Pasang Harga Rp299 Juta! Air EV Killer?