Karsono Kwee, Sosok Dibalik Comebacknya Mazda Indonesia

Dymas Okta
21 Jan 2024 16:02
Karsono Kwee, Sosok Dibalik Comebacknya Mazda Indonesia

CVT Indonesia – Jika kita mendengar nama Eurokars, hal yang pertama kali masuk ke dalam pikiran kita adalah brand-brand besar nan mewah seperti, Rolls Royce, Bentley, Ferarri, Pagani, dan masih banyak lagi.

Sebagai gurita bisnis yang beroperasi di Indonesia, Eurokars merupakan salah satu agen pemegang merk paling prestisius di tanah air. Hal ini tidak terlepas dari peran besar dari Karsono Kwee, Executive Chairman dari Eurokars Group.

Eurokars Group saat ini beroperasi di beberapa negara seperti Singapura, Australia, China, dan tentunya Indonesia.

Dengan pengalaman hampir 40 tahun, Eurokars telah tumbuh dari seorang pengecer mobil sport yang nieche menjadi grup dealership otomotif multi-franchise selama bertahun-tahun.

“Di singapura awalnya kita kembangkan Mazda, hanya dalam 2 atau 3 tahun kita bisa masuk ke top 10.” papar Karsono Kwee saat ditemui oleh cvtindonesia.co.id beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Mazda Jepang ingin ada di SIngapura karena merupakan pasar yang strategis. Bahkan di bawah Eurokars, Mazda dapat meraup pangsa pasar top 3, top 5, dan seterusnya.

“Setelah itu baru Mazda Jepang menanyakan ke saya, apakah mau consider untuk take over Mazda di Indonesia. Langsung kita mulai start meskipun banyak masalah yang harus diselesaikan.” tambah Kwee.

Pusat Eurokars (3)

BACA JUGA: Penjualan Meningkat, Honda Digendong Oleh Model SUV

Tidak bisa dipungkiri, nama Eurokars sebagai company mulai melejit di Indonesia berkat kesuksesan comebacknya Mazda setelah berpindah tangan dari Mazda Motor Indonesia ke Eurokars.

Sejak tahun 2020, Mazda Indonesia dibawah naungan Eurokars telah berhasil menjual sebanyak 15.260 unit mobil, dengan penjualan tertinggi pada tahun 2023 yaitu sebanyak 5.320 unit.

Ricky Thio, Managing Director PT EMI mengatakan kesuksesan Mazda pada tahun 2023 tak bisa dipungkiri karena antusiasme, dukungan, dan para penggemar Mazda.

“Kami sukses membukukan penjualan tertinggi, sejak berlangsung-nya pandemi global pada tahun 2020, yang menandakan bahwa kami mampu bangkit dari masa-masa sulit industri otomotif dunia.” ujar Ricky.

Lebih lanjut, Kesuksesan Mazda di Indonesia juga tidak terlepas dari para jajaran dealer principal dengan kinerjanya yang baik.

Saat ini di Indonesia, Eurokars menaungi 10 merk mobil ternama yang meliputi Porsche, Rolls Royce, Mazda, BMW M, Maserati, Ferrari, Bentley, MINI, dan Mclaren.

Kwee mengakui bahwa pihaknya sedang berfokus untuk menaikan brand Mazda di Indonesia meskipun pasar Mazda masih sangat baru di Indonesia dan harus dilakukan step by step.

“Mazda tidak bisa dibandingkan dengan Toyota dan Mitsubishi misalnya, tapi kita akan naikkan, kan Mazda itu berbeda.” ujar Kwee pada kesempatan yang sama.

DIbawah kepemimpinan Mr. Karsono Kwee, Eurokars di Indonesia melejit menjadi konglomerasi otomotif yang legit dengan terus melebarkan sayap baik dari segi bisnis, jumlah dealer, maupun pelayanan kepada konsumen.

BACA JUGA: Intip Fasilitas Aftersales Seharga Rp1,1 Triliun Milik Eurokars

Untuk Mazda di Indonesia, Eurokars telah membangun fasilitas aftersales di New Riverside Lifestyle Pantai Indah Kapuk (PIK 2).

Sebagai informasi tambahan, Kwee dianugerahi Public Service Medal (PBM) oleh Presiden SIngapura, Halimah Yacob sebagai bagian dari Penghargaan Hari Kemerdekaan 2017.

Kemudian Kwee juga mendapatkan PBM 2022 berkat kontribusinya kepada Singapura dalam rangka melawan pandemi Covid-19, dimana Eurokars Group mendonasikan Ambulans, sanitizer dan masker kepada 15.000 keluarga, dan memberikan layanan gratis shuttle bus kepada lansia dan orang difabel untuk mendapatkan vaksinasi.

BACA SELANJUTNYA: Intip Spesifikasi Mazda CX-70! Meluncur 30 Januari 2024

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon