Kini Giliran China Larang Parkir EV Di Basement Perkantoran dan Hotel

Dymas Okta
18 Sep 2024 08:31
Kini Giliran China Larang Parkir EV Di Basement Perkantoran dan Hotel

CVT Indonesia – Beberapa kantor dan pusat bisnis di China dilaporkan telah melarang pemilik kendaraan elektrik baik mobil listrik atau listrik mereka di basement karena potensi resiko kebakaran dan keselamatan.

Menurut laporan dari Drive yang mengutip unggahan akun X @whyoutouzhele pada 9 September 2024 yang menyebutkan bahwa beberapa hotel dan perkantoran di wilayah China telah memasang larangan parkir untuk EV di basement.

“Karena sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan energi baru di Tiongkok, hotel dan gedung perkantoran di banyak tempat di Provinsi Zhejiang telah berhasil melarang kendaraan energi baru diparkir di garasi bawah tanah, yang telah menarik perhatian pihak luar,” demikian terjemahan dari unggahan berbahasa China tersebut.

Akun tersebut juga memperlihatkan foto papan peringatan yang tertera di Gedung Huigang di Kota Ningbo yang meminta pemilik EV memarkirkan kendaraannya di tempat parkir terpisah ‘dengan ruang yang lebih luas’.

Menurut siaran media massa setempat, ini merupakan imbas dari 11 kejadian kebakaran mobil listrik yang terjadi di beberapa area parkir bawah tanah yang terjadi di Hangzhou, ibu kota Zhejiang pada April dan Mei silam.

BACA JUGA: Libur Panjang, Puncak Bogor Macet Total Hingga Telan Korban Jiwa

“Berdasarkan karakteristik kebakaran kendaraan listrik dan kemampuan pemadaman kebakaran hotel kami, kami pikir akan lebih aman untuk tidak mengizinkan mereka masuk ke garasi bawah tanah,” kata seorang manajer keamanan hotel bintang lima di Hangzhou yang enggan disebutkan namanya.

Xu Gang, seorang mekanik mobil yang bekerja di Hangzhou, menyampaikan bahwa ada banyak kasus kendaraan listrik terbakar secara spontan atau menyebabkan kebakaran besar dalam kejadian tabrakan dan kecelakaan.

“Banyak tempat parkir bawah tanah yang dirancang dengan langit-langit rendah, yang berarti mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke dalam,” ungkap Xu dikutip dari Radio Free Asia, media massa lokal China.

Larangan semacam ini sudah terjadi lebih dulu di Korea Selatan setelah insiden sebuah Mercedes EQE terbakar di basement apartemen dan menyebabkan 140 mobil lainnya terbakar. Pejabat pemerintah setempat telah melarang kendaraan listrik dengan daya di atas 90 persen dibawa masuk ke tempat parkir bawah tanah.

BACA SELANJUTNYA: Toyota Fortuner Hajar Medan Offroad Tanpa Basa Basi

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon