Korsel Larang Mobil Listrik Parkir Di Basement Karena Hal Ini

Dymas Okta
26 Aug 2024 09:39
Korsel Larang Mobil Listrik Parkir Di Basement Karena Hal Ini

CVT Indonesia – Masih ingat dengan insiden terbakarnya Mercedes-Benz EQE yang menyebabkan hancurnya 140 mobil lain?

Imbas dari insiden tersebut, pemerintah Korsel akhirnya mengeluarkan peraturan yang melarang kendaraan listrik yang memiliki level baterai di atas 90 persen untuk parkir di basement.

Mengutip dari Drive, Pemerintah Metropolitan Seoul juga selanjutnya akan melakukan uji coba batas daya maksimum 80 persen di lokasi fast charger di Seoul. Kedua aturan tersebut akan berlaku pada akhir September 2024.

Keputusan tersebut menimbulkan kontra dari masyarakat karena dinilai aturan sementara itu tidak praktis dan tidak dapat menyelesaikan masalah secara mendasar.

Profesor Yoon Won-Sub, yang mengajar di sebuah universitas di Korea Selatan dan mengepalai pusat penelitian baterai, mengatakan bahwa pengisian daya yang berlebihan bukanlah “faktor utama” pada baterai lithium-ion di kendaraan listrik.

BACA JUGA: Viral! Sebuah Mobil Listrik Terbakar Di Basement, Hancurkan 140 Mobil Lainnya

“Mobil listrik, sejak awal, dirancang untuk tidak pernah mencapai daya penuh, bahkan jika display mengatakan bahwa daya baterai telah mencapai 100 persen,” jelas Yoon.

Menurut Yoon argumen tersebut tidak membuktikan bahwa baterai memiliki risiko kebakaran yang lebih tinggi ketika terisi penuh.

Para pejabat di Pemerintah Metropolitan Seoul juga akan mengumumkan pedoman tambahan pada awal September, yang dapat mencakup persyaratan bagi produsen mobil untuk mengungkapkan rincian produsen baterai, dan batas pengisian daya tambahan.

Sebagai informasi, Insiden terbakarnya Mercedes-Benz EQE tersebut menyebabkan kerusakan pada 140 mobil lainnya, menyebabkan 1 blok apartemen padam listrik dan air selama 5 hari, 21 orang korban, dan 103 orang dievakuasi akibat terpapar asap hitam.

BACA SELANJUTNYA: GIIAS Surabaya 2024 Digelar Akhir Agustus, Segini Harga TIketnya!

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon