Libur Tahun Baru Berakhir, Jasa Marga: Hari ini Puncak Arus Balik

Dymas Okta
1 Jan 2024 15:50
Libur Tahun Baru Berakhir, Jasa Marga: Hari ini Puncak Arus Balik

CVT Indonesia – Dengan berakhirnya libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Jasa Marga memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada hari ini Senin (01/01).

Jasa Marga memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 29% dibandingkan pada arus balik libur Nataru tahun lalu. Diperkirakan secara total ada 240 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta, 140 ribu diantaranya akan kembali ke Jakarta pada 1 Januari 2024.

Titik yang menjadi fokus utama yang perlu di antisipasi pada arus balik ini adalah KM 66 Jalan tol Jakarta – Cikampek. Ini merupakan titik pertemuan dari Bandung dan Cikampek menuju Jakarta.

Lisye Octaviana menghimbau untuk tidak melakukan perjalanan pada puncak arus balik demi mewujudkan perjalanan yang lebih nyaman.

“Kami mengimbau pengguna jalan yang masih diberikan kelonggaran untuk melanjutkan periode liburnya agar menghindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 1 dan 2 Januari 2024. Dapat menggeser waktu perjalanan dengan pilihan di hari Rabu, 3 Januari 2024,” ujar Lisye.

BACA JUGA: Hindari Tanggal Ini Agar Tidak Terjebak Kemacetan Arus Balik Tahun Baru

Lisye juga mengingatkan, khusus di hari Rabu, 3 Januari 2024, pengguna jalan dapat sekaligus memanfaatkan diskon tol sebesar 10% yang berlaku di Jalan Tol Trans Jawa untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta.

Diskon tol tersebut berlaku dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama. Untuk jam pemberlakuan diskon tol yaitu mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, atau berlaku 24 jam, serta diberlakukan untuk semua golongan kendaraan.

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat sebanyak 1,9 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek Libur Natal 2023, sepanjang periode 18 – 28 Desember 2023.

BACA SELANJUTNYA: Akhirnya Daihatsu Hentikan Produksi Semua Mobilnya, Indonesia Bagaimana?

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon