Mazda Bercerita Tentang Filosofi Jinba-Ittai

Dymas Okta
11 Jul 2023 15:19
Mazda Bercerita Tentang Filosofi Jinba-Ittai

CVT Indonesia – Mazda terkenal dengan filosofi Jinba-Ittai yang menjadi basis dalam penciptaan produk-produk Mazda. Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengungkap kisah inspiratif dibalik filosofi tersebut.

Jinba-Ittai memiliki makna yang mendalam dibalik brand Mazda itu sendiri, dimana filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi. Ideologi ini berkembang selama tiga generasi, mengubah pengalaman berkendara.

Ricky Thio, Managing Director EMI menyampaikan bahwa filosofi Jinba-Ittai sudah menjadi ideologi yang sangat dikenal di Indonesia, khususnya bagi pecinta dan pemilik mobil Mazda. 

“Jinba-Ittai merupakan value yang kami selalu komunikasikan, karena produk Mazda lahir dari para Takumi Jepang dan serat dengan filosofi yang sangat menarik untuk selalu diceritakan kepada konsumen di Tanah Air di Indonesia.” ujar Ricky.

Cerita ini dimulai pada saat MX-5 generasi pertama mulai dikembangkan. Tetsu Kasahara, Asisten Manajer Departemen Pengembangan Dinamika Chassis, Divisi Pengembangan Kendaraan merasakan kesatuan yang utuh dengan mobil tersebut.

BACA JUGA: Suzuki Invicto, Kembaran Innova Zenix Yang Punya Harga Lebih Murah Meluncur di India

Momen transformatif saat mengemudikan prototipe itu menandai dimulainya Jinba-Ittai – ikatan intim antara pengemudi dan kuda kesayangan mereka.

Awalnya dikenal sebagai Jinsha Ittai, yang berarti kesatuan antara mobil dan pengemudi, istilah tersebut berangsur-angsur berkembang menjadi Jinba-Ittai, terinspirasi oleh ikatan gigih antara kuda dan penunggangnya.

Kasahara menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan dinamika sasis, mengemudikan prototipe di sekitar Miyoshi Proving Ground, dengan cermat menyempurnakan pengaturan, dan mengumpulkan data berharga.

Yasuyoshi Mushitani, Technical Leader Chassis Dynamics, juga memainkan peran penting dalam mengembangkan konsep Jinba-Ittai. 

Dedikasi dan semangat Mushitani untuk Jinba-Ittai mendorongnya untuk memimpin pengembangan berbagai model Mazda, yang berpuncak pada pengangkatannya sebagai pemimpin keseluruhan yang membentuk pengalaman berkendara Mazda.

Melanjutkan warisan tersebut, Hiroshi Kawata, Asisten Manajer Dinamika Chassis, Departemen Pengembangan, Divisi Pengembangan Kendaraan, mengambil tongkat estafet untuk memperkenalkan Jinba-Ittai ke dalam MX- 5 ND saat ini.

Tertarik dengan mobil sejak masa kuliahnya, ketertarikan Kawata dengan MX-5 NA meletakkan dasar untuk perjalanannya di Mazda. Dia bekerja sama dengan pendahulunya, Mushitani dan Kasahara, pada berbagai model Mazda, menyerap esensi Jinba-Ittai melalui pengalaman praktis.

“Sensasi manusia tidak berubah selama 25 tahun. Mobil yang sinkron dengan sensasi kita cocok seperti sarung tangan” ungkap Mushitani. 

Filosofi ini akan terus berkembang dan berfungsi sebagai fitur universal di semua Mazda masa depan, meningkatkan pengalaman berkendara ke tingkat yang baru.

Semua aspek yang telah dijelaskan di atas, pada dasarnya adalah apa yang dilakukan mazda sekarang dan kedepannya. Kami ingin Celebrate Driving dengan mereka yang merasakan value yang sama.

BACA SELANJUTNYA: Review: Honda HR-V, Hampir Sempurna Tapi Ada Kurangnya

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon