Memasuki 2024, Pertalite Segera DIbatasi

Dymas Okta
10 Jan 2024 10:39
Memasuki 2024, Pertalite Segera DIbatasi

CVT Indonesia – Pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite akan dibatasi kembali mencuat. Meskipun BBM Pertalite saat ini bukanlah BBM Bersubsidi menurut Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022.

Namun pembatasan ini masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (disingkat BPH Migas) Erika Retnowati.

“Jadi kita tunggu, nanti kalau sudah ada terbit dari revisi Perpresnya, kita baru bisa melakukan pengaturan untuk pembatasan Pertalite,” kata Erika dikutip dari Antara, Selasa (9/1).

Revisi Perpres terkait BBM Pertalite ini dinilai penting demi menjaga stabilitas APBN dengan mengurangi jumlah belanja ‘subsidi’ BBM.

“Jadikan pengaturan untuk BBM bersubsidi itu akan diatur di dalam Perpres. Di dalam Perpres akan ditetapkan siapa konsumen penggunanya,” lanjut Erika.

BACA JUGA: Chery Omoda E5 Catat 400 SPK Meski Harga Belum Ada

Sebelumnya, pernah muncul gagasan berupa kriteria khusus yang diperbolehkan menggunakan Pertalite, seperti mobil berkapasitas 1.400 cc yang tertuang dalam Perpres nomor 191 tahun 2014.

Hal senada dikatakan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif yang menyebut dalam revisi Perpres akan diatur lebih mendetail soal pengguna Pertalite.

“Isi dari Perpres ini sendiri betul-betul ada kriteria, CC sekian, jenis sekian. Mobil yang tangki nya 100 tahu-tahu kok bisa ngisi 300 itu-itu yang mengambil hak orang lain.” ujar Arifin.

Usulan revisi Perpres yang mengatur tata niaga BBM tersebut sudah diajukan sejak 2022 lalu. Revisi tersebut dianggap memiliki urgensi yang tinggi demi menjaga agar belanja ‘subsidi’ BBM tidak melampaui kuota APBN.

BACA SELANJUTNYA: Donald Rachmat Kembali Ke MG Indonesia Sebagai COO

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon