Mengenal Lebih Jauh Mazda CX-60, Mobil Mewah Yang Tercipta Dari Beragam Filosofi

Dymas Okta
31 Jul 2023 19:12
Mengenal Lebih Jauh Mazda CX-60, Mobil Mewah Yang Tercipta Dari Beragam Filosofi

CVT Indonesia – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menjelang GIIAS 2023 meluncurkan All New Mazda CX-60 yang merupakan line up SUV flagship dari Mazda Indonesia.

Dibalik kemewahannya, All New Mazda CX-60 dibangun dari berbagai filosofi Mazda yang membuat mobil ini menjadi lebih spesial.

Ricky Thio, Managing Director dari PT EMI menyampaikan bahwa Mazda CX-60 lahir dari estetika Jepang yang unik.

“Filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para engineer Mazda, menjadikan All-New Mazda CX-60 sebagai mobil dengan ideologi The Perfect Jinba-Ittai” papar Ricky.

Ricky juga menegaskan bahwa The Perfect Jinba-Ittai ada di All New Mazda CX-60 ini. Dengan teknologi Mild Hybrid, menurut Ricky mobil ini lebih enak.

Filosofi Jinba-Ittai sendiri merupakan kesatuan antara kuda dan penunggangnya, dimana Mazda mengartikan hal tersebut ke mobil dan juga pengendaranya. Adanya koneksi yang intuitive antara mobil mazda dan pengendaranya menjadi landasan untuk insinyur dan desainer Mazda dalam membangun sebuah mobil.

Mazda CX-60 menjadi Mazda dengan mesin dan tenaga terbesar di Indonesia, Mazda CX-60 dibekali mesin e-Skyactive-G 6 silinder segaris 3.3L Turbo dirambah dengan M Hybrid Boost dengan baterai 48V.

Mesin tersebut menghasilkan 280 HP dengan torsi 450 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda karena mobil ini AWD melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Uniknya, meskipun mesin mobil ini tergolong besar dengan rasio kompresi tinggi di angka 12:1, ternyata mobil ini bisa ‘Minum’ bensin setara Pertalite dengan RON 90. Hal ini kami ketahui dari keterangan yang terdapat pada tutup tangki bensin CX-60.

BACA JUGA: Sudah Debut di Thailand, Akankah Mitsubishi Triton Segera Hadir Di Indonesia?

Masuk ke bagian interior, Kabin Mazda CX-60 dibuat berdasarkan filosofi The Concept of Ma. Konsep ini menggambarkan ruang kosong yang terdapat garis-garis bersih dan benda-benda yang secara esensi menekankan ruang kosong tersebut.

Maka dari itu kabin All New Mazda CX-60 terkesan lapang dan minimalis, interiornya mewah dan elegan.

Selain kedua filosofi tersebut, Mazda All-New CX-60 juga diciptakan berdasarkan empat filosofi yang tidak kalah pentingnya yaitu Hacho, Kaicho, Kansei dan Mutsubu.

Hacho secara harafiah berarti ritme yang putus. Ini merupakan teknik desain yang diterapkan oleh insinyur Mazda untuk membuat interior dari Mazda CX-60 terasa damai namun tetap membangkitkan semangat.

Hal ini tercermin dari pemilihan material Mazda CX-60 yang sangat mendetail bahkan sampai bagaimana material tersebut merespon cahaya. Sehingga Mazda CX-60 bukan hanya menjadi sebuah mobil namun menjadi sebuah hal yang emosional bagi pengendara maupun penumpang.

Mazda CX-60 menggunakan material Nappa Leather untuk bagian jok. Hanya saja berbeda warna di tiap tipenya, Pada warna Elite menggunakan warna Pure White dan warna Beige pada tipe Kuro.

Lebih lanjut, Harmoni yang tercipta pada interior Mazda CX-60 ini menggambarkan filosofi Kaicho. Pemilihan berbagai bahan dan tekstur saling melengkapi dan diperhatikan hingga mendetail sehingga interior mobil ini terlihat seperti sebuah seni yang indah dan harmonis.

Termasuk ke pencahayaan yang merupakan atribut utama dari sebuah harmoni atau Kaicho. Pencahayaan kabin yang halus dan tidak langsung menciptakan kesan keselarasan tinggi pada mobil.

Mazda tidak terkecuali Mazda CX-60 selalu menekankan sisi emosional yang dimana ini berdasarkan Filosofi Kansei yang menghubungkan antara manusia dengan produk dengan mempertimbangkan perasaan mereka selama proses mendesain.

Kansei memainkan peran besar pada setiap titik sentuh di mobil, mulai dari cara membuka dan menutup pintu, hingga setiap sentuhan tombol. Inilah yang membuat Mazda CX-60 terasa menjadi sebuah mobil yang imersif.

Filosofi Musubu menjadi yang terakhir dalam rentetan filosofi Mazda yang berarti “ikatan”. Filosofi ini bermula dari seni presisi dalam mengikat simpul. Musubu membuat ikatan yang kuat dan terinsipirasi dari seni ikatan simpul Kuno.

Hal ini diterapkan pada CX-60 tipe Elite berupa teknik jahitan khas Jepang pada bagian Dashboard. Jahitan jenis ini memiliki sedikit celah yang estetik.

Tentunya hal ini juga secara harmonis bersatu dengan filosofi Jinba-Ittai dimana terjadinya ikatan yang kuat satu sama lain dari sisi mobil maupun pengendara.

All New Mazda CX-60 ditawarkan dalam dua varian, yakni Kuro Edition dan Elite Edition. Perbedaan hanya terdapat pada Interior dan sedikit pada eksterior, dimana tipe Elite tampi lebih elegan dan tipe Kuro tampil lebih sporty.

Kedua tipe dari Mazda CX-60 dibanderol dengan harga yang sama yakni Rp1.188.800.000 (OTR Jakarta).

BACA SELANJUTNYA: Honda Civic Type R-GT Mulai Dipersiapkan untuk Super GT Series

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon