Mengintip Fasilitas Riset dan Pengembangan Hyundai Yang Super Canggih di Korea

Dymas Okta
27 Jul 2023 19:16
Mengintip Fasilitas Riset dan Pengembangan Hyundai Yang Super Canggih di Korea

CVT Indonesia – Hyundai menjadi salah satu pabrikan mobil yang mengembangkan teknologi sebagai penggerak utama dan pertumbuhan bisnis perusahaan. Hal tersebut tercermin dari fasilitas Namyang R&D Center.

Dari sinilah asal produk-produk canggih Hyundai berasal, karena pusat pengembangan ini menjadi platform think tank utama Hyundai.

Yong Wha Kim, Chief Technology Officer Hyundai Motor Group mengatakan bahwa pusat R&D Hyundai motor berperan sebagai basis utama untuk pengembangan model baru Hyundai dan Genesis di seluruh dunia.

“Dengan total 19 pusat R&D dan desain yang tersebar di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Tiongkok, India, dan Jepang, kami mengembangkan kendaraan dengan desain sesuai kondisi masing-masing wilayah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan menghadapi tantangan lingkungan berkendara di seluruh dunia.” ujar Kim.

Fasilitas yang terletak di Hwaseong, Gyeonggi-do, Namyang R&D Center ini berdiri diatas lahan seluas 3,3 juta meter persegi dengan segala fasilitas lengkap nan mumpuni untuk kebutuhan riset dan pengembangan.

BACA JUGA: Hyundai Ioniq 6 Meluncur Di Malaysia, Indonesia Menyusul Saat GIIAS 2023?

Namyang R&D Center telah dibekali dengan pusat desain dan engineering, laboratorium khusus untuk pengembangan powertrain, wind tunnels untuk penelitian terkait aerodinamika, hingga fasilitas khusus untuk uji tabrak. Karenanya, Hyundai mampu menciptakan kendaraan penuh teknologi dan inovasi terkini dengan kenyamanan dan keamanan berkendara terdepan.

Fasilitas ini juga memiliki proving ground kelas dunia untuk uji coba performa kendaraan di berbagai medan. Hadir sejak 1995, proving ground ini mencakup total area seluas 1,65 juta meter persegi yang meliputi beragam lintasan tes berkendara sepanjang 70 km secara keseluruhan.

Namyang R&D Center juga menjadi induk dari pengembangan teknologi Hyundai dalam menghasilkan solusi mobilitas masa depan, salah satunya autonomous driving. Saat ini, Hyundai tengah berfokus dalam mengembangkan autonomous driving level 4.

Salah satu produk yang lahir di fasilitas ini dan mendapatkan kesuksesan besar adalah lini Ioniq. Sejak memperkenalkan Project IONIQ pada 2016 sebagai cikal-bakal model-model IONIQ berikutnya, lini produk ini terus mendapatkan pengakuan global.

Salah satunya adalah model IONIQ 5 yang sukses memborong berbagai penghargaan bergengsi pada 2022, termasuk World Car of the Year di ajang World Car Awards.

BACA SELANJUTNYA: Ramai Pertamax Green, BBM Apakah Itu?

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon