CVT Indonesia – MG HS sejak awal kemunculannya bermain di kelas Medium SUV bersama dengan Mazda CX-5, Wuling Almaz, dan pemimpin kelas ini yaitu Honda CRV.
Kami berkesempatan untuk melakukan pengetesan jangka panjang menggunakan SUV blasteran China Inggris ini. Lantas bagaimana impresinya?
DESAIN LEBIH BERKARAKTER
Kini desain dari MG HS telah memiliki karakteristik yang semakin kuat. Jika sebelumnya terkesan memiliki desain yang cukup ‘gado-gado’, kini MG HS menggunakan 3rd Design Language dengan Fascia depan yang sama dengan MG 5 GT.
Lebih detail, lampu di mobil ini sudah dilengkapi dengan full LED yang dipadukan dengan grill Digital Flaming. Untuk kaki-kaki, MG HS Facelift menggunakan velg Rotating Tomahawk dengan ban ukuran 235/50 R18 untuk varian Ignite dan Magnify, sementara untuk tipe Activate menggunakan ban 215/60 R17.
INTERIOR BERBEDA
Kami mendapatkan unit pengetesan berwarna Metal Ash Grey atau Abu-abu, praktis interior mobil ini menggunakan warna hitam. Sementara terdapat pilihan warna MG HS yang membuatnya terkesan lebih mewah yaitu pilihan warna Arctic White yang menggunakan interior Nautical Blue Yacht Style dengan warna putih yang dominan.
Hampir semua sisi interior sudah berlapis soft touch termasuk bagian dashboard dan setir yang menambah kesan mewah. Lanjut ke panel instrumen, New MG HS mendapatkan panel instrumen full TFT, namun sayang sekali hardware yang digunakan seperti tidak sanggup menjalankan animasi yang ada, sehingga animasi di panel instrumen ini patah-patah yang cukup mengganggu.
Uniknya, saat awal tahun 2023 kami sempat melakukan pengetesan MG HS di Bali, konektivitas mobil ini hanya mendukung Apple Carplay, namun saat ini sudah dilakukan update sehingga dapat mendukung Android Auto.
BACA JUGA: Honda CRV RS e:HEV Menjadi Kepingan Puzzle Varian RS Di Indonesia
PERFORMA & DRIVE QUALITY
Masuk ke sektor dapur pacu, MG HS masih menggendong mesin yang sama 1.5L Turbo dengan tenaga 162 PS dengan torsi 250 Nm dengan transmisi baru yaitu Dual Clutch dengan wet clutch. Performa mobil ini cukup mumpuni meskipun tenaga MG HS bukan yang terbesar di kelasnya, hal ini juga dibantu dengan sistem DCT Wet Clutch-nya.
Untuk urusan kenyamanan, mobil ini memiliki suspensi yang cenderung ke arah empuk dan nyaman. Namun jika dibandingkan dengan sebelum facelift, versi kali ini sedikit lebih keras, namun masih tergolong nyaman dan cocok untuk keluarga.
Lantas untuk konsumsi bbm rute campuran antara tol dan luar kota, kami mendapatkan angka 11,7 km/l. Memang bukan yang teririt di kelasnya apalagi jika dibandingkan dengan Honda CR-V dan Mazda CX-5. Namun setidaknya angka ini lebih irit dibandingkan dengan Wuling Almaz.
MG HS dibanderol mulai dari Rp460,8 juta untuk tipe Activate. Sementara untuk tipe Ignite dibanderol Rp504,8 juta dan HS Magnify-ISMART dibanderol Rp550,8 juta.
BACA SELANJUTNYA: Daya Beli Menurun, Brio Tetap Dingin Di Pucuk