Mobil Listrik BMW i5 Diperkenalkan, Akan Jadi Pilihan Orang Tajir RI?

Dymas Okta
27 Mar 2024 16:18
Mobil Listrik BMW i5 Diperkenalkan, Akan Jadi Pilihan Orang Tajir RI?

CVT Indonesia – BMW Group Indonesia akhirnya memboyong Seri 5 dengan kode bodi G60 terbaru. Namun pada generasi terbaru dari Seri 5 ini hanya akan dijual dalam model listriknya saja untuk saat ini.

BMW Seri 5 generasi terbaru ini memiliki nama BMW i5 eDrive 40 M Sport. Sebelumnya negeri tetangga Malaysia telah terlebih dahulu mendapatkan mobil ini pada November 2023 silam.

Jika BMW seri 5 G30 di rakit secara lokal, justru untuk seri 5 G60 ini kembali dijual dengan status CBU dari Jerman, tepatnya BMW i5 G60 diproduksi di BMW Group Plant Dingolfing, Bavaria Selatan, Jerman.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia menyatakan i5 ini menjadi varian listrik pertama dari seri 5 dan generasi kedepannya. Mobil ini didesain digital serta nol emisi karbon lokal.

“BMW i5 eDrive40 M Sport, lebih digital, dinamis dan ramah lingkungan. BMW Seri 5 merupakan salah satu model paling ikonik dan pilar dari penjualan kami,” ucap Ramesh dalam peluncuran di Jakarta, Selasa (26/3).

Secara dimensi, G60 membengkak dibandingkan G30 dengan panjang yang tembus 5 meter. Tepatnya dimensi BMW i5 ini Panjang 5.060 mm, Lebar 1.900 mm, Tinggi 1.515 mm dengan wheelbase 2.995 mm.

Datang dengan varian M Sport, BMW i5 dilengkapi dengan spoiler M Sport, velg 20 inci M aerodynamic yang dibalut ban berukuran 245/40.

BACA JUGA: Pesan Chery Tiggo Sekarang Dapat Potongan 20 Juta, Kapan Dikirimnya?

Mengadopsi bahasa desain retro dari BMW 5 Series F10, BMW i5 G60 masih mempertahankan desain premium dengan kidney grille yang berukuran proporsional yang dilengkapi dengan adaptive LED.

Lantas untuk pilihan warna terdapat 8 opsi yaitu M Carbon Black metallic, Phytonic Blue metallic, Oxide Grey metallic, M Brooklyn Grey metallic, Black Sapphire metallic, Cape York Green metallic, Sophisto Grey brilliant effect metallic, dan Mineral White metallic.

Masuk ke bagian interior, BMW i5 mengadopsi interior BMW kekinian yang dilengkapi dengan curve display 14 inci, Interaction bar, dan juga ambient lighting. 

Lebih lanjut mobil ini dilengkapi 5 mode berkendara yaitu Personal, Sport, Expressive, Relax, dan Efficient. Serta speaker premium dari Harman Kardon dengan jumlah 12 speaker.

Berbicara soal dapur pacu, BMW i5 eDrive40 ini menggunakan motor listrik bertenaga 340 Hp dengan torsi maksimal 430 Nm yang dialirkan ke roda belakang. 0-100 km/h dapat dituntaskan dalam 6 detik saja oleh mobil ini.

BMW i5 eDrive40 menggendong baterai dengan kapasitas 81,2 kWh dengan daya tempuh 582 kilometer dalam sekali pengecasan.

Untuk mendukung baterainya yang besar, mobil ini mendukung ultrafast charging hingga 205 kW yang dapat mengisi baterai dari 10-80 persen dalam 30 menit.

Namun pada saat ini BMW i5 eDrive40 masih dalam tahap perkenalan. Jodie O’Tania mengatakan bahwa harga akan diumumkan pada April mendatang.

“Harga nanti diumumkan bulan April, enggak lama saat ini kita launch setelah lebaran, April kita umumkan harganya.” ungkap Jodie saat ditemui pada kesempatan yang sama.

BACA SELANJUTNYA: GWM Langsung Umumkan Tank 500 Dengan Harga Fantastis

Cari Mobil Berdasarkan Merk

Audi
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
Jaguar
Jeep
KIA
Land Rover
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon