Moeldoko Tegaskan Vinfast Akan Masuk Indonesia Dengan Nilai Investasi Fantastis

Dymas Okta
10 Nov 2023 11:55
Moeldoko Tegaskan Vinfast Akan Masuk Indonesia Dengan Nilai Investasi Fantastis

CVT Indonesia – Vinfast, Brand mobil listrik asal negara tetangga yaitu Vietnam akan mencoba peruntungannya dalam pasar otomotif Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

“Vietnam akan masuk, US$1,2 miliar akan masuk dan secepatnya akan membangun pabrik di sini. VinFast,” kata Moeldoko kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/11).

Dengan kurs saat ini, nilai US$1,2 miliar sekitar 18,8 triliun. Dengan investasi sebesar itu, Moeldoko menyebut Vinfast tidak hanya akan membangun pabrik, namun juga mendirikan ekosistem di Indonesia.

“Akan membuat pabrik mobil listrik, mungkin bisa saja nanti ekosistemnya akan terbangun di sini,” tambah beliau.

Dalam keterangan resmi, Moeldoko mengatakan pemerintah Indonesia memprioritaskan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk kendaraan listrik.

BACA JUGA: Wuling Lebarkan Sayap, Resmikan Dealer 3S di Ambon

Sebagai informasi, Vinfast baru membuka cabang dan menerima pesanan dari seluruh dunia pada tahun 2022.

Sebelum hal itu, pergerakan ambisius Vinfast ini dimulai pada ajang Paris Motor Show dimana mereka memperkenalkan Model Lux. Selanjutnya pada 2021 mereka memperkenalkan e34, VF 8, dan VF 9.

Vinfast VF6

Kali ini Vinfast tidak main-main untuk berinvestasi di pasar Tanah Air dengan mencoba peruntungan seperti yang sudah dilakukan sebelumnya oleh brand asal Jepang, China, dan Korea.

Ekspansi ini pun sebelumnya sudah diketahui melalui dokumen perusahaan ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (USA). Tertulis dalam dokumen tersebut bahwa Vinfast akan mendirikan pabrik dengan investasi senilai US$1,2 Miliar.

Pabrik di Indonesia akan menjadi yang ketiga di duniausai Vietnam dan North Carolina, USA yang akan mulai beroperasi pada 2025.

Menurut Dokumen terkait, Pabrik di terbaru Vinfast di Indonesia direncanakan akan beroperasi pada 2026 dengan kapasitas produksi 30.000 hingga 50.000 unit per tahun.

BACA SELANJUTNYA: Neta Resmikan Dealer Perdananya di Indonesia

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon