Neta X Meluncur Minggu Ini, Berikut Bocoran Harganya!

Dymas Okta
24 Sep 2024 07:58
Neta X Meluncur Minggu Ini, Berikut Bocoran Harganya!

CVT Indonesia – PT Neta Auto Indonesia (NAI) telah memberikan kami kesempatan merasakan langsung SUV terbarunya yang diperkenalkan pada GIIAS 2024 silam yakni Neta X.

Neta X akan menjadi mobil kedua dari Neta yang akan diproduksi secara lokal (CKD) setelah Neta V-II yang sudah terlebih dahulu diproduksi secara CKD.

Sepucuk surat undangan peluncuran Neta X telah diterima oleh redaksi CVT Indonesia yang akan dilakukan pada 27 September 2024.

Mobil listrik Neta X di Indonesia cenderung memiliki spesifikasi yang sama dengan versi negara asalnya China. Namun ada salah satu pembeda yang utama.

Jordy Angkawidjaja, Product Planning Manager NAI mengkonfirmasi hal ini dengan mengatakan spesifikasinya kurang lebih sama. Namun pada sistem ADAS (Advanced Driver Assistance System) Neta X versi Indonesia tidak memiliki kamera LiDAR seperti versi China.

Sebagai informasi, LiDAR merupakan singkatan dari Light Detection and Ranging. Berbentuk kamera, sistem kamera seperti ini sudah biasa diterapkan pada hp mahal, misalnya pada iPhone 16. Teknologi LiDAR disebut lebih sensitif ketimbang ADAS biasa.

LiDAR diklaim dapat meningkatkan akurasi Self-Driving dan meningkatkan ADAS hingga level 3. Sensor tersebut mampu mengidentifikasi warna sampai ukuran suatu objek lebih spesifik.

BACA JUGA: Alasan Suzuki Carry Eksis 50 Tahun Di Skena WIrausaha Tanah Air

“Kalau di kita (Neta X rakitan lokal) hanya pakai (sensor) kamera. Itu tergantung sama pasarnya juga, karena LiDAR terlalu sensitif,” ungkap Jordy.

Mengenai harga, PT NAI memang masih merahasiakan harga tepatnya. Namun menurut bocoran salah satu wiraniaga yang kami hubungi, Neta X diperkirakan akan dibanderol diatas Rp400 juta on the road (OTR) jakarta.

“Neta X Supreme Rp 448 juta daya tempuh 500 kilometer,” ungkap sumber yang tak mau disebutkan namanya itu.

PT NAI sendiri sudah meberikan estimasi harga di kisaran Rp460 – Rp490 juta. Secara harga, Neta X akan bersaing dengan Chery Omoda E5, Hyundai Kona Electric, BYD Atto 3, dan BYD M6.

Namun secara dimensi, Neta X akan bersaing dengan Hyundai Ioniq 5. Neta X sendiri memiliki dimensi panjang 4,6 meter, lebar 1,8 meter dengan tinggi 1,6 meter, dengan Wheelbase 2.770 mm.

Mobil listrik Neta X menggendong baterai 63 kWh yang dalam kondisi penuh dapat menempuh jarak hingga 480 kilometer menurut pengukuran NEDC. Baterai tersebut mempersenjatai motor listrik yang bertenaga 160 Hp dan torsi 210 Nm.

Fitur-fitur kunci pada Neta X ini terdapat panoramic sunroof, power back door, electric seat with memory seat, ADAS level 2, wireless pad charger, dual zone AC climate control, bagasi 580 liter, 6-airbags, kamera 540 derajat panoramic view.

BACA SELANJUTNYA: Aion Resmikan 10 Diler Baru Secara Serentak Untuk Wilayah Jabodetabek Dan Bandung

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon