Produksi Hyundai Ioniq 5 Sudah 60 Unit Per Hari, Ioniq 6 Siap Diproduksi Lokal?

Dymas Okta
3 Oct 2023 22:08
Produksi Hyundai Ioniq 5 Sudah 60 Unit Per Hari, Ioniq 6 Siap Diproduksi Lokal?

CVT Indonesia – Hyundai Ioniq 5 bisa dibilang menjadi mobil listrik paling diminati di Indonesia. Bahkan beberapa waktu silam, salah satu dealer Hyundai di Jakarta mengatakan bahwa inden Ioniq 5 bisa mencapai 1,5 Tahun.

Konsumen sempat mengeluhkan lamanya inden dari Hyundai Ioniq 5 ini yang salah satu penyebabnya adalah karena terjadi krisis chip semikonduktor saat pandemi. Konon pada saat itu konsumen dapat menerima Ioniq 5 lebih cepat dengan tambahan biaya.

Fajar Ahya, Assembly Process Engineer PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengatakan bahwa indent sudah dapat teratasi karena kapasitas produksi yang kembali normal hingga 60 unit per hari.

“Waktu krisis chip semikonduktor, cuma 10 unit per hari. Sekarang sudah normal lagi sejak Juni 2023, bisa sampai 60 unit produksi sehari.” ujar Fajar di Pabrik HMMI Cikarang (2/10).

BACA JUGA: Mitsubishi Buka Tiga Sekaligus Dealer Baru di Cikarang, CIbubur, dan Cibinong

Lantas dengan kapasitas produksi yang sudah normal ini, apakah Hyundai mempertimbangkan untuk memproduksi mobil listrik teranyarnya Hyundai Ioniq 6 secara lokal?

Fransiscus Soerjopranoto, COO PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan semua itu tergantung dari hasil survey ke konsumen, karena semuanya berhubungan dengan produksi dan kapasitas produksi.

“Kalau pemerintah meminta lebih banyak TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari Hyundai tentu kita akan mengarah ke sana, karena lebih baik juga,” papar Soerjo.

Soerjo menegaskan bahwa Hyundai saat ini memplot Ioniq 6 sebagai produk flagship mereka.

“Ioniq 6 kita buat sebagai model flagship. Sehingga penjualannya tidak dibuat terlalu besar seperti Hyundai Ioniq 5,” tutup Frans.

BACA SELANJUTNYA: Baterai Hyundai Ioniq 5 Rusak? Siapkan Dana Segini Untuk Ganti

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon