Ramai Pertamax Green, BBM Apakah Itu?

Dymas Okta
26 Jul 2023 10:02
Ramai Pertamax Green, BBM Apakah Itu?

CVT Indonesia – Pertamax Green 95 sedang ramai dibicarakan karena memiliki harga yang lebih murah dari Pertamax Turbo. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Pertamax Green?

PT Pertamina (Persero) pada Senin (24/7) secara resmi meluncurkan BBM jenis terbaru Pertamax Green dengan RON 95 melalui Pertamina Patra Niaga.

Mengutip dari Kompas.com, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan menyatakan bahwa Pertamax Green 95 bisa digunakan untuk semua jenis kendaraan bensin.

Pertamax Green merupakan produk BBM hasil pencampuran antara Pertamax dan Bioetanol dengan porsi 5%.

Hasil pencampuran tersebut membuat angka RON Pertamax yang awalnya 92 menjadi naik ke angka 95.

BACA JUGA: Mercedes-AMG A35 dan A45 S 2023, Bagaimana Performanya?

“Ini bisa untuk roda dua dan roda empat untuk kendaraan bermotor yang mengkonsumsi gasoline. Jadi, semua jenis kendaraan bensin dapat mengonsumsi Pertamax Green 95.” ujar Riva.

BBM Pertamax Green baru akan dijual di Jakarta dan Surabaya, lebih spesifik akan ada 5 SPBU di Jakarta dan 10 SPBU di Surabaya.

Bagi yang ingin mencoba Pertamax Green 95 di Jakarta, BBM baru ini tersedia di SPBU Fatmawati 1, Fatmawati 2, Lenteng Agung, dan Sultan Iskandar Muda.

Sementara di Surabaya tersedia di SPBU Jemursari, Soetomo, Mulyosari, Merr, Ketintang, Karang Asem, Mastrip, Citra Raya Boulevard, Juanda, dan Buduran.

Lantas berapa harga Pertamax Green 95? 

BBM Pertamax Green 95 dijual dengan harga Rp13.500 per liter. Harga ini lebih tinggi dari Pertamax 92 yang dijual Rp12.400 dan lebih murah dari Pertamax Turbo yang dijual Rp14.000.

Sementara itu untuk SPBU selain Pertamina yang menjual BBM Ron 95 juga memiliki harga yang variatif,  Shell V-Power dijual Rp13.780, VIVO 95 dijual Rp13.200, dan BP Ultimate 95 Rp13.400 per liter.

BACA SELANJUTNYA: Hyundai Santa Fe 2024 Berubah Total, Tinggalkan Desain Urban

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon