Review Chery Omoda 5: Mengagetkan!

Dymas Okta
18 Jul 2023 10:11
Review Chery Omoda 5: Mengagetkan!

CVT Indonesia – Chery setelah kembali ke Indonesia langsung menggebrak segmen SUV dengan produk unggulan SUV. Salah satu mobil yang paling stand out dikelasnya adalah Chery Omoda 5 yang langsung mendapatkan animo positif dari masyarakat.

Kali ini tim CVT Indonesia mendapatkan kesempatan untuk melakukan tes jangka panjang selama 4 hari. Sekitar 400 kilometer kami merasakan mobil ini. Haslinya membuat kami tercengang, apalagi dengan harga yang sangat value for money.

Rasa Berkendara

Kami akan mulai dengan rasa berkendara dari Chery Omoda 5 yang menjadi poin utama mobil ini. Suspensi Omoda 5 terasa mahal dengan bantingan yang dewasa. Tidak bisa dibilang sangat empuk, namun terasa pas. Bahkan bisa dikatakan suspensi Omoda 5 yang terbaik di kelasnya.

Omoda 5 memiliki fitur variable steering yang bisa diatur beratnya sesuai dengan mode berkendara ECO dan Sport. Pada mode ECO, setir akan terasa ringan. Sementara pada mode Sport, setir akan memberat.

Namun jangan khawatir, pengaturan berat setir ini bisa dilakukan secara terpisah. Kita bisa memilih mode ECO dengan rasa setir Sport yang terasa lebih berat.

Foto: Dymas Okta

Fitur Pendukung

Fitur merupakan hal penting pada mobil modern, Omoda 5 menjawab pertanyaan akan kebutuhan konsumen yang membutuhkan banyak fitur pendukung.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan AC dual zone yang ditambah dengan ventilated cooler seat yang membuat pengemudi bisa lebih nyaman.

Kemudian wireless charging juga tersedia di mobil ini. Ditambah dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto mendukung kemudahan dalam mengendarai mobil ini.

Foto: Dymas Okta

Untuk panel instrumen dan infotainment mobil ini jika disantukan berukuran 20,5 inci. Pada panel instrumen, terdapat Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) dan Fatigue Driving.

Sementara sistem infotainment Omoda 5 mencakup Panel Kontrol mobil ini. Semua pengaturan mobil ini dapat diakses melalui layar infotainment di bagian tengah. Kita dapat mengatur ADAS, Pengaturan Mobil, dan juga display AC terdapat di layar ini

Selanjutnya, Omoda 5 dilengkapi dengan fitur kamera 360 around view monitor yang tidak hanya kita bisa melihat bird-eye view, namun juga kita bisa melihat sekeliling mobil dengan third person perspective. Citra dari kamera tersebut juga bisa kita lihat melalui layar infotainment.

Foto: Dymas Okta

Untuk urusan audio, Omoda 5 menggunakan audio premium dari Sony dengan 7 speaker yang memiliki Clarity sangat bagus. Namun ada tapinya, nanti akan kita bahas di bagian kekurangan.

Fitur Safety

ABS, BA, EBD, Hill Start Assist, dan Electronic Stability Control sudah menjadi standard baik di varian Z dan RZ. Selain itu, Omoda 5 menggunakan 6 airbags dan juga ISOFIX yang membuat mobil ini ramah anak.

Sementara itu untuk fitur safety aktif, Omoda 5 tentunya sudah dilengkapi dengan Advanced Driving Assistant System (ADAS) yang meliputi Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection (BSD), Emergency Lane Keeping (ELK), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC) with traffic jam assist, Front Collision Warning (FCW), Car Lead Departure Sign (CLDS), dan Lane Keeping Assist.

Foto: Dymas Okta

Mesin dan Transmisi

Chery Omoda 5 menggunakan mesin 1.5L Turbo yang mampu menyemburkan tenaga 145 Hp dengan torsi 230 Nm yang dikawinkan dengan transmisi CVT yang dibelah menjadi 9 percepatan.

Mengejutkannya, kombinasi mesin dan transmisi ini di Omoda 5 mampu melesatkan mobil ini 0-100 km/h dalam 8,6 detik.

Konsumsi BBM

Sejauh ini, mobil asal Tiongkok di Indonesia seringkali dikenal memiliki konsumsi BBM yang buruk. Namun Konsumsi BBM Chery Omoda 5 berhasil menembus barrier tersebut.

Selama pengetesan untuk jalur dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/h, konsumsi BBM Chery Omoda 5 mencatatkan 9,8 km/l. Sementara untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/h. Omoda 5 mencatatakan konsumsi BBM 14,7 km/l.

Namun hasil ini dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk gaya berkendara, cuaca, dan keadaan mobil.

Kelebihan

Berbicara soal Kelebihan dan Kekurangan, kita akan membahas kelebihannya terlebih dahulu.

Kelebihan pertama, ketika kita masuk dan mengendarai mobil ini terasa sekali kesan mewah dan premiumnya. Kombinasi interior yang ciamik dan rasa berkendara yang premium, mobil ini memiliki rasa yang menyerupai mobil eropa.

Kelebihan kedua, Posisi dari wireless charger yang otomatis akan menjadi tempat untuk menaruh ponsel juga memiliki posisi yang sangat ergonomis baik dari sisi pengemudi maupun penumpang depan. Bahkan ketika kita ingin membuka ponsel, kita sudah cukup nyaman tanpa perlu mengangkat ponsel.

Kelebihan ketiga adalah audio premium dari Sony membuat pengalaman mendengar musik sepanjang perjalanan lebih mengasyikan. Dimana audio mobil ini mengedepankan clarity dari audio

Kekurangan

Kekurangan pertama dari mobil ini justru muncul dari kelebihannya itu sendiri, audio Sony terkenal dengan suara bass yang ‘nendang’ dimana banyak produk audio Sony mengedepankan ‘Extra Bass’. Namun sayangnya di mobil ini tidak dilengkapi dengan Subwoofer yang membuat bass di audio mobil ini kurang ‘nendang’ meskipun pengaturan equalizer bass sudah di level maksimal.

Kekurangan kedua sebenarnya cukup minor dimana posisi port usb depan agak sulit dijangkau dari sisi driver, karena terdapat di sisi bawah penumpang depan.

Kekurangan ketiga juga cukup minor dimana pengaturan tilt dan telescopic-nya kurang kebawah saat posisi duduk mengemudi diatur ke paling rendah.

Harga

Chery Omoda 5 ditawarkan dalam dua tipe kemewahan, untuk varian Z dibanderol Rp334,8 juta, sementara varian RZ dibanderol Rp404,8 juta OTR Jakarta.

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon