Review: Honda HR-V, Hampir Sempurna Tapi Ada Kurangnya

Dymas Okta
5 Jul 2023 16:43
Review: Honda HR-V, Hampir Sempurna Tapi Ada Kurangnya

CVT Indonesia – Kelas Compact Crossover di Indonesia kembali menggeliat ketika berbagai manufaktur mencoba bermain dikelas yang telah dikuasai Honda HR-V. Termasuk Honda HR-V sendiri yang meluncurkan generasi keduanya di Indonesia pada 2022 silam.

Honda HR-V di Indonesia tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.5L Naturally Aspirated (NA) untuk tipe S, E, dan SE, serta 1.5 Turbo untuk varian RS.

Mesin 1.5L NA DOHC berkonfigurasi 4 silinder segaris, I-VTEC yang memiliki tenaga 121 PS dengan torsi 145 Nm. Sementara untuk varian HR-V RS menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan tenaga 177 PS dengan torsi 240 NM.

Kami memiliki kesempatan untuk melakukan pengetesan terhadap Honda HR-V 1.5 SE. Bagaimana Impresinya? Simak penjelasannya dibawah.

Eksterior

Sisi eksterior HR-V merupakan poin utama dalam mobil ini. Jika dbandingkan dengan rival sekelasnya seperti Hyundai Creta, Suzuki Grand Vitara, dll. Honda HR-V memiliki desain yang all around.

Fascia depan HR-V menggunakan grill sewarna bodi yang membuatnya terlihat elegan. Didukung dengan lampu LED yang memiliki desain selaras membuatnya menjadi terlihat lebih menawan.

Honda HR-V SE menggunakan velg alloy berukuran 18 inci berwarna hitam multispoke. Lebih lanjut, Honda HR-V menggunakan ban Bridgestone Alenza berukuran 225/50.

Sementara itu Desain belakang HR-V juga sangat menawan dengan LED bar yang menyatu.

Interior

Interior Honda HR-V bukanlah hal yang spesial, dashboard terkesan membosankan dengan desain double stack. Hilangnya high console deck dari generasi sebelumnya merupakan sebuah downgrade.

Lebih lanjut, desain layar infotainment juga terkesan kuno dengan cembungan tabung yang terekspos. Sementara panel instrumen untuk tipe SE ini masih menggunakan desain analog dengan layar Multi Information Display (MID) kecil di tengah.

BACA JUGA: Tips Ke PRJ Agar Tidak Terjebak Macet

Honda HR-V sayangnya hanya memiliki Panoramic Roof, tidak seperti para kompetitor yang hampir semuanya telah menggunakan Panoramic Sunroof. Ditambah lagi, sistem buka tutup Panoramic Roof ini masih Manual dengan tangan manusia.

Namun Honda HR-V memiliki lampu kabin belakang dengan sensor proximity. Dimana kita hanya perlu mendekatkan tangan saja untuk mengoperasikannya tanpa harus menyentuhnya.

Untuk joknya, Honda HRV SE menggunakan desain yang sama diambil dari City Hatchback, namun untuk material menggunakan fabric

Fitur Safety

Honda Sensing menjadi standar diseluruh tipe Honda HR-V. Fitur safety aktif ini meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation System) RDMS, Lead Car Departure Notification (LCDN), Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, hingga Honda Lane Watch.

Sementara untuk fitur Safety lainnyam tentunya Honda HR-V Sudah dilengkapi dengan 6 airbags, ABS, EBD, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan Vehicle Stability Control.

Fitur Penunjang

Sayangnya Honda HR-V sangat-sangat minim dalam hal fitur penunjang, seperti speaker yang hanya terdapat 4 buah selain varian RS, Headunit yang masih aftermarket, dan juga minimnya soft touch pada generasi terbaru HR-V ini

Kepraktisan

Kita selalu mengenal Honda dengan kepraktisannya, dimana mobil-mobil kompak Honda memiliki penyimpanan yang luas di kabin. Sayangnya HR-V ini tidak termasuk salah satunya.

Meskipun HR-V generasi terbaru ini menggunakan Ultra Seat, ternyata kapasitas bagasinya menurun dengan kapasitas 304 liter saat jok belakang terbuka dan 1,274 liter saat jok belakang terlipat.

Sementara generasi sebelumnya dari Honda HR-V memiliki kapasitas bagasi 437 liter saat jok belakang terbuka dan 1,462 liter saat jok belakang terlipat.

BACA SELANJUTNYA: Harga BBM Naik Lagi Per 1 Juli 2023

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon