CVT Indonesia – Yamaha Nmax sempat menggegerkan jagat permotoran Indonesia saat meluncurkan Nmax Turbo Tech atau seperti biasa orang Indonesia hanya memberikan nama panggilan Nmax Turbo.
Apakah Nmax Turbo bisa dipanggil Tobrut alias Turbo Brutal?
BUKAN YEE!
Namun nama turbo pada Nmax Turbo mengacu pada sistem transmisi yang digunakan yakni dengan teknologi YECVT (Yamaha Electric CVT) yang membuat rasio gigi secara elektris dari dinamo tanpa adanya roller mekanis untuk menggerakkan pulley.
Hebatnya skutik 150 cc ini memiliki kesamaan fitur dengan motor yang lebih mahal yakni Xmax 250 Connected.
Sebagai perbandingan, Nmax Turbo Tech Max dibanderol Rp43.250.000. Sedangkan Xmax 250 Connected dibanderol dengan harga Rp66.450.000. Artinya lebih mahal Rp23.200.000 dari Nmax Turbo Tech Max.
BACA JUGA: BMW M5 Baru Punya Berat 2,5 Ton. Apa Yang BMW Pikirkan?
Selisih harga tersebut karena Xmax memiliki mesin yang lebih besar yakni 249,8 cc single cylinder berpendingin cairan yang mampu menghasilkan tenaga 22,5 dk dengan torsi 24,3 Nm.
Sementara Nmax Turbo dibekali mesin 155,9 cc satu silinder berpendingin cairan dengan tenaga 15,1 dk dengan torsi 14,2 Nm.
Fitur yang sama pertama adalah layar instrumen TFT yang menjadi standar pada Xmax 250 Connected, namun pada Nmax Turbo hanya terdapat di varian Tech Max dan Tech Max Ultimate.
Panel instrumen tersebut sudah bisa terintegrasi dengan navigasi dari Garmin.
Namun untuk urusan transmisi Nmax Turbo sedikit lebih advance berkat YECVT sehingga punya mode berkendara Y-Shift untuk mengoptimalkan akselerasi.
Sementara Xmax 250 masih menggunakan transmisi CVT Konvensional yang mengandalkan roller sebagai penggerak mekanis pulley.
BACA SELANJUTNYA: Viral Pajero Sport Getar, Mitsubishi Lakukan Investigasi