Sensasi Geber Toyota GR Corolla dan GR 86 Di Track

Dymas Okta
16 Sep 2023 15:14
Sensasi Geber Toyota GR Corolla dan GR 86 Di Track

CVT Indonesia – Toyota Gazoo Racing (GR) merupakan brand sport milik Toyota yang pertama kali masuk Indonesia melalui GR Supra pada tahun 2019. Terdapat 2 Jenis GR yang diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Pertama yaitu murni Gazoo Racing atau GR yang di Indonesia terdapat GR Supra, GR Yaris, dan yang baru saja diperkenalkan pada GIIAS 2023 silam yaitu GR Corolla. Dimana mobil-mobil ini mengutamakan performa mesin dan di sirkuit.

Lantas yang kedua ada GR Sport yang merupakan turunan dari pure GR. Hampir semua lineup Toyota di Indonesia memiliki varian GR Sport sebagai tipe tertingginya.

GR Sport sendiri merupakan penambahan aksesoris, bodykit, aerokit, dan beberapa model terdapat juga perbedaan suspensi. Namun yang pasti GR Sport tidak berfokus pada performa.

Lantas bagaimana rasa berkendara dari GR 86 dan GR Corolla yang merupakan pure GR di lintasan balap?

GR 86

Tim CVT Indonesia berkesempatan langsung melalukan hot lap di sirkuit Formula E Ancol. Pertama kami merasakan mengendarai langsung GR 86 AT standar.

Toyota GR 86 dibekali mesin 2.4L Naturally Aspirated dengan tenaga 231 hp dengan torsi 250 Nm.

Ketika di-kickdown, tenaga mobil ini terasa cukupan dan cukup halus untuk ukuran mobil sport.

BACA JUGA: Tidak Lulus Uji Emisi, Jangan Harap Bisa Perpanjang STNK

Dengan suspensi depan Macpherson Strut dan suspensi belakang double wishbone membuat GR 86 ketika menikung terasa mantap dan tidak terjadi kendala understeer.

Kemudian pada kesempatan kedua kami merasakan menggunakan GR 86 Tuned by GR Garage yang difokuskan untuk trek. Modifikasi dilakukan pada kaki-kaki agar dapat bermanuver lebih cepat di sirkuit.

“GR 86 dan Agya GR Sport tuned yang tadi itu kita ubah di kaki-kaki dan suspensi saja tapi untuk sirkuit, sudah dihitung berapa body roll yang dikurangi, grip yang ditambahkan, agar bisa mengeluarkan semua potensi GR di lintasan balap.” ujar Dimas Aska. Interactive of Head Public Relations TAM

Dimas menambahkan bahwa kedua GR 86 dan Agya GR Sport yang diuji pada GR Trackday hari ini (16/9) modifikasi dari GR Garage.

“Jadi modifikasinya memang lite, tapi memang berfokus pada power loss bukan engine.” tambah Dimas.

GR Corolla

Untuk GR Corolla, sayangnya kami hanya mendapatkan taxi ride, tidak berkendara secara langsung. Namun untuk suspensi dan rasa manuvernya, GR Corolla terasa lebih cocok untuk daily use dibandingkan dengan GR 86.

Suspensi dari GR Corolla terasa lebih nyaman meskipun bukan yang sangat empuk untuk kenyamanan. Untuk body roll juga lebih terasa jika dibandingkan dengan GR 86.

BACA SELANJUTNYA: Toyota GR Garage di PIK Tongkrongan Baru Skena Otomotif

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon