Setelah Umumkan Buka Pabrik, Vinfast Mulai Jalin Kerjasama Dengan BerbagaI Dealer

Dymas Okta
21 Feb 2024 15:48
Setelah Umumkan Buka Pabrik, Vinfast Mulai Jalin Kerjasama Dengan BerbagaI Dealer

CVT Indonesia – Vinfast, pabrikan mobil listrik asal Vietnam sangat berambisi untuk memulai perjalanannya di pasar otomotif Indonesia dengan memulai penawaran dan pendekatan strategis ke beberapa dealer di Indonesia.

Pada 16 Februari lalu, VinFast Auto resmi menandatangani perjanjian dengan lima dealer di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Para dealer antusias dengan masa depan kemitraan mereka dengan VinFast.

“Mobil ini menakjubkan, mudah dikendarai, dan mulus di jalan,” ujar Hartono Kurniawan, Direktur dealer PT Bevos Auto Mandiri.

Hartono menyebut harga tetap menjadi faktor penting bagi pembeli di Indonesia. Menurutnya gelombang mobil listrik baru dengan harga menarik berlomba-lomba masik pasar tanah air.

“Oleh karena itu, harga yang kompetitif adalah kunci agar VinFast bisa menonjol,” jelas Hartono.

Menurut Hartono, kolaborasi awal VinFast dengan dealer tidak seperti merek EV pada umumnya, strategi ini merupakan keunggulan sekaligus kunci dari kesuksesan kehadiran VinFast sebagai kompetitor kuat dalam industri otomotif listrik.

“Kemitraan ini sangat penting bagi kesuksesan VinFast dalam perlombaan EV di Indonesia,” pungkas Hartono.

BACA JUGA: Toyota Vellfire Hybrid Meluncur, Harga Diatas Alphard

Senada dengan Hartono, pihak dealer lain yaitu Sandra Pohar, CEO PT Gran Cipta Cerlang percaya bahwa layanan purna jual yang sangat baik dari VinFast adalah aset besar.

“Kalau kita sebagai dealer menjual banyak mobil tapi layanan purna jualnya buruk, kita akan kehilangan pelanggan. Dengan layanan purna jual VinFast, kita tidak perlu khawatir akan hal itu,” kata Pohar.

Pohar, Hartono, dan perwakilan dari Gallarie Setia Utama memuji komitmen jangka panjang VinFast untuk Indonesia, terlihat dari investasi pabrik mereka senilai 200 juta dolar AS. 

Komitmen ini juga mencakup kemitraan dengan perusahaan lokal untuk membangun jaringan pengisian daya nasional, sehingga memfasilitasi pengisian daya yang nyaman bagi pelanggan.

Secara keseluruhan, dealer-dealer Indonesia yakin bahwa kombinasi produk berkualitas, kemitraan strategis, dan pendekatan yang berpusat pada pelanggan VinFast akan membuka jalan bagi kesuksesan mereka di pasar mobil listrik Indonesia yang kompetitif.

Menurut siaran pers resmi Vinfast, pabrikan mobil Vietnam ini akan menjual model VF 5, VF e34, VF 6, dan VF 7 akhir tahun ini setelah peluncuran resminya di pasar.

Detail harga dan penjualan, termasuk waktu pemesanan dan kebijakan purna jual, akan diumumkan secara resmi pada paruh pertama tahun 2024. Kemungkinan besar akan terjadi pada GIIAS 2024.

BACA SELANJUTNYA: Suzuki Pastikan Jimny 5-door Tidak Akan Menjadi Gorengan

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon