Toyota 86 Tembus 1 Miliar, Improvement Fokus Pada Performa

Dymas Okta
27 Sep 2024 22:00
Toyota 86 Tembus 1 Miliar, Improvement Fokus Pada Performa

CVT Indonesia – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan iterasi terbaru dari Toyota GR 86. Meskipun tidak banyak ubahan di sisi yang terlihat mata, GR 86 mendapatkan banyak improvement pada sisi performa.

Toyota menyediakan 2 varian untuk GR 86, yakni varian transmisi manual dan otomatis. Harga Toyota GR 86 Manual Rp1,016 miliar dan Toyota GR 86 AT Rp1,054 miliar.

Henry Tanoto, Vice President PT TAM menyebut GR86 terbaru dibangun dengan platform TNGA dengan peningkatan peningkatan performa mesin dan sentuhan racing pada komponen kemudi dan suspensi, untuk mencapai performa berkendara tingkat tinggi.

“New GR86 batas performance-nya ditingkatkan lebih tinggi lagi, untuk memperkuat pengalaman berkendara unik khas GR Pure dan memberikan joy of GR dari balik kemudinya,” paapr Henry.

Soal dapur pacu, GR86 masih menggunakan mesin yang sama yakni 2.4 liter 4 silinder yang mampu menyemburkan tenaga 235 PS atau 231 Hp dengan torsi 250 NM dengan penggerak roda belakang. Penggunaan teknologi D-4S pada GR86 diklaim mampu memberikan efisiensi termal lebih baik.

Sentuhan pada New GR86 mencakup peningkatan karakter shock absorber untuk memberikan kontak dengan aspal yang lebih optimal sambil mempertahankan respons handling khas mobil sport.

GR menjalin kolaborasi dengan Sachs (ZF) untuk menyediakan shock absorber yang paling sesuai karakter sports car ini. Electric Power Steering (EPS) telah ditingkatkan untuk memberikan handling yang lebih intuitif dan respons alami ketika berinteraksi dengan pengemudi.

BACA JUGA: Mitsubishi Turut Ramaikan GIIAS Bandung 2024, Tampilkan XForce, Xpander dan Pajero Sport

Transmisi manual 6 speed turut mendapatkan update pada Engine Torque Control dimodifikasi supaya dapat memberikan sinyal perpindahan gigi ke pengemudi dengan mudah dan jelas. Selain itu, throttle control telah diadopsi untuk mendapatkan respons akselerasi yang lebih sigap dan meningkatkan performa di kecepatan tinggi.

Pada transmisi otomatis 6-speed, toleransi putaran mesin ketika menurunkan gigi transmisi (downshift), telah dinaikkan untuk menjaga torsi maksimal lebih mudah diraih begitu pedal gas diinjak kembali.

Didukung jangkauan torsi yang lebih lebar, memungkinkan gaya berkendara yang lebih sporty meskipun hanya mengandalkan transmisi otomatis.

GR86 juga mendapatkan pilihan warna baru yakni kelir Moss Green yang menggantikan Oasis Blue yang melengkapi 6 warna lainnya.

Masuk ke interior, hal yang baru terdapat pada Automatic Interior Light Off Function yang aktif ketika pintu dibuka-tutup, tuas lampu sein dengan pengunci saat dioperasikan, dan jahitan pada bangku yang berubah dari merah menjadi hitam. Fitur T intouch terbaru yang memiliki akses internet juga menjadi fitur baru pada GR86.

GR86 juga mendapatkan opsi Toyota Customization Option (TCO), yang teredia adalah GR Sports Muffler, GR Aero Stabilizing Cover, GR Sports Side Visor, GR Interior Panel Set, GR Knee Pad, dan GR Sun Shade.

“Beradaptasi dengan baik pada karakter jalan dan sirkuit di berbagai negara, membuat New GR86 populer sebagai mobil sport yang menghadirkan pengalaman berkendara unik, dengan handling intuitif dan respons alami, kinerja mesin mengagumkan, dan kelincahan luar biasa di puncak performanya,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

BACA SELANJUTNYA: Kia Hadir DI GIIAS Bandung 2024 Sekaligus Luncurkan Sonet Facelift

Cari Mobil Berdasarkan Merk

AION
Audi
BAIC
BMW
BYD
Chery
Citroën
DFSK
Daihatsu
Ford
Haval
Honda
Hyundai
KIA
Lexus
MG
Mazda
Mercedes Benz
Mini
Mitsubishi
NETA
Nissan
Peugeot
Porsche
Renault
Subaru
Suzuki
Tank
Toyota
Vinfast
Volkswagen
Volvo
Wuling

Cari Mobil Berdasarkan Bodi

City Car
Convertible
Coupe
Double Cabin
Green Car
Hatchback
MPV
Pick Up/Commercial Vehicle
SUV
Sedan
Sports Car
Station Wagon